Aturan Bola: Kartu Kuning & Kartu Merah

Seperti yang kamu sudah tau, EURO 2012 sekarang sudah berjalan beberapa hari. Tepatnya udah 3 hari jalan dan sekarang masuk hari ke-4. Selama 3 hari ini, udah ada 21 kartu kuning yang dikeluarkan dan 2 kartu merah. Nah, mungkin kamu lagi sok-sok mau ikutan nonton bola, tapi kemudian kamu bingung: "Sebenernya kartu kuning sama kartu merah itu apa sih? Bedanya apa sih?" Nah, sebelum kamu mulai mengganggu temen-temen kamu dengan pertanyaan ini, biarkan MBDC menjelaskan.

Definisi

Kartu kuning dikeluarkan oleh seorang wasit dalam sepak bola untuk menunjukkan bahwa seorang pemain secara resmi telah diperingatkan karena telah melakukan pelanggaran. Menurut aturan permainan sepak bola, ada 7 hal yang membuat seorang pemain sepak bola kena kartu kuning, yaitu:

  1. Tindakan tidak sportif
  2. Memperlihatkan ketidaksetujuan lewat kata-kata dan perbuatan
  3. Berkali-kali melanggar aturan permainan.
  4. Menunda permainan dimulai lagi.
  5. Tidak menuruti aturan yang diperlukan untuk melakukan free-kick atau corner-kick.
  6. Masuk atau masuk kembali ke lapangan tanpa seijin wasit
  7. Meninggalkan lapangan tanpa seijin wasit.

Nah, kalo seorang pemain kena kartu kuning untuk kedua kalinya, maka dia akan dikenakan kartu merah, yang berarti dia bakal dikeluarkan dari pertandingan dan gak boleh ikut lagi. Tapi ini bukan berarti seorang pemain harus kena kartu kuning dulu sebelum kartu merah. Seorang pemain bisa aja kena kartu merah langsung. Berikut adalah 7 hal yang membuat seorang pemain kena kartu merah:

  1. Pelanggaran berat yang membahayakan atau mencederai lawan
  2. Melakukan kekerasan
  3. Meludahi pemain lawan ataupun siapa saja
  4. Menyentuh bola (selain kiper) dalam kotak penalti untuk mencegah gol
  5. Melakukan pelanggaran untuk mencegah pemain lawan mencetak gol
  6. Menggunakan bahasa dan gestur yang ofensif, menghina, dan kasar.
  7. Menerima kartu kuning kedua dalam satu pertandingan.

Nah begitulah kurang lebih.

Kenapa Perlu Ada Kartu Kuning atau Kartu Merah

Ya perlu banget lah. Kalo gak diatur kayak gini ntar semua pemain bisa main seenaknya dong. Mana seru.

Perumpamaan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika kamu masih juga bingung dengan perbedaan kartu kuning dan kartu merah ini, MBDC akan coba menjelaskan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Misalnya kamu punya pacar nih. Dia emang terkenal player gitu. Nah, kalo dia cuma ngeliatin cowok/cewek lain aja plus flirting-flirting dikit, nah itu boleh kamu kasih kartu kuning. Peringatan aja gitu kan, karena belum terlalu serius gitu pelanggarannya. Tapi kalo kemudian dia gejol sama orang lain, nah itu langsung kartu merah. Putusin aja. Ngapain pacaran sama orang begituan.

Jelas banget dong sekarang? Sip.

Other Post