Aturan Bola: Free Kick & Penalty

Kembali berjumpa di seri Aturan Bola MBDC, dimana MBDC akan mengajarkan kamu aturan-aturan sepak bola dengan cara yang mudah dimengerti. Setelah sebelumnya kita belajar mengenai offside dan kartu kuning/kartu merah, maka kali ini MBDC akan membahas mengenai Free Kick & Penalty.

Definisi

Pada dasarnya free kick (tendangan bebas) dan penalty ini adalah dua hal yang serupa, yaitu sebuah tendangan bebas yang diberikan oleh wasit kepada tim yang pemainnya baru saja dilanggar (kayak misalnya abis ditekel gitu). Bedanya, tendangan bebas itu diberikan apabila pelanggaran dilakukan di luar kotak penalti. Sementara penalti diberikan apabila pelanggaran dilakukan di dalam kotak penalti. Eh, kamu gak tau kotak penalti? Kotak penalti tuh ini:

Nah, terus kayak apa sih free kick dan penalty kick ini? Free kick tuh kayak gini:

Kalo penalty kick tuh kayak gini:

Bedanya yang free kick masih dihalang-halangin sama pemain belakang, sementara yang penalty langsung berhadapan sama kiper. Gitu deh.

Kenapa Perlu Ada Free Kick & Penalty?

Ya perlu dong, sebagai hukuman. Kalo gak ada hukuman semacam ini, ntar semua pemain bebas bermain kasar tanpa konsekuensi dong.

Perumpamaan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Free kick itu bisa diumpamakan andaikata kamu punya seorang temen yang lagi dideketin oleh orang lain. Trus kamu mendapati bahwa si orang lain ini ternyata flirting sama orang lain lagi. Nah, supaya kamu gak bilang-bilang, dia traktir kamu minum. Karena baru flirting, jadi upah tutup mulutnya cukup minum aja. Nah, tapi kalo ternyata sesungguhnya orang ini sudah punya pasangan hidup dan dia masih ngedeketin temen kamu...nah itu penalty tuh. Upah tutup mulutnya lebih besar. Misalnya minta rumah atau mobil.

Nah, udah lebih jelas dong? Sip!