Tutorial Liburan Naik Pesawat

Mungkin sekarang ini kamu udah siap ambil cuti atau rencana liburan semester depan buat ke Bali atau Singapura. MBDC tahu beberapa dari kamu pasti deg-degan, bukan cuma karena gak sabar, tapi juga karena baru pertama kali naik pesawat dan bingung mau siapin apa aja. Iya kan? Ngaku aja deh. Gapapa kok. Nih, MBDC udah siapin tutorial apa aja yang harus kamu siapin demi kelancaran dan kesuksesan kamu liburan naik pesawat, siap-siap ya!

1. Barang Bawaan

Hal pertama yang perlu kamu tahu ketika membawa koper/barang bawaan lain ke pesawat adalah bahwa ada limit bagasi di pesawat, dan ini diatur dengan sangat ketat. Pada umumnya, kamu cuma boleh bawa barang seberat 7kg ke dalam kabin dan biasanya 15kg untuk dimasukin ke bagasi. Tapi ini beda-beda juga tiap maskapai. Kalo kamu pake penerbangan murah/promo, biasanya kamu harus beli bayar lagi kalo mau masukin barang ke bagasi. Trus kalo barang kamu lebih berat dari batas yang ditentukan, kamu harus siap untuk bayar lagi. Nah, kamu harus waspada banget akan hal ini, apalagi kalo kamu anaknya doyan belanja. Pasti pulang dari jalan-jalan, bagasi kamu akan beranak-pinak.

2. Kostum

Biarpun kamu liburan ke pantai yang super panas, bukan berarti kamu bisa langsung pakai kostum celana pendek, sandal jepit dan telanjang dada atau bikini begitu masuk pesawat. Bukan karena takut diteriakin orang gila sama orang di bandara, tapi pesawat itu dingin! Serius dingin, jangan sok jagoan deh. Kalau kamu mau pakai celana pendek atau sandal jepit, pastikan juga kamu bawa jaket dan kaos kaki. Masalah kostum ini emang gak bisa kamu remehkan ya. Pastiin juga kamu tau cuaca atau suhu di daerah tujuan kamu. Kalo kamu ke negara yang iklimnya dingin banget, pastikan kamu udah nyiapin jaket yang tebel dan siap dipake begitu kamu turun pesawat. Jangan sampe jadi kayak orang bego deh. Turun pesawat pake celana pendek dan kaos kutang, padahal kamu liburan ke Korea pas lagi musim dingin. Orang-orang pasti bakal ngetawain kamu. Dalam hati.

3. Makanan & Minuman

Buat kamu yang suka kelaperan, jangan khawatir! Di pesawat kamu biasanya bakal dapat makanan dengan beberapa pilihan. Misalnya, kamu bisa pilih ayam atau daging, minumnya juga bebas pilih plus bebas nambah. Tapi kalau kamu naik pesawat bujet rendah, kamu harus siap-siap bawa bekal sendiri. Mereka nyediain makanan sih di dalem pesawat, tapi kamu harus beli dan harganya lumayan mahal deh. Kadang-kadang mereka suka kasih kejutan bagi-bagi makanan gratis yaitu pas pesawatnya delay. Jadi, kalau kamu nggak mau rugi berdoa aja supaya pesawat delay. Makin lama delay mungkin makin banyak makanan gratis yang bisa kamu dapet.

4. Keselamatan

Buat yang baru pertama kali naik pesawat, ini bagian paling PENTING! Sebelum take off nanti, bakal ada pramugari yang akan praktekin cara penyelamatan diri dan memakai segala atribut keselamatan dalam pesawat. Bisa dibaca bukunya juga di depan kursi kamu dan semua peralatan keselamatan ada di bawah kursi kamu. Kalau perjalanan aman sentosa, kamu jangan coba-coba mindahin apalagi bawa pulang jaket pengaman atau masker oksigen buat dijadiin oleh-oleh ya. Ya tapi terserah juga sih. Paling kamu didenda.

5. Jangan Ngomong Aneh-Aneh

Naik pesawat itu sekarang adalah hal yang cukup sensitif. Jadi jangan pernah, inget ya, JANGAN PERNAH becanda soal bom, teroris, dan hal-hal turunannya di dalem pesawat. Becanda hal semacam ini bisa bikin kamu ditangkep, diinterogasi, bahkan mungkin dilarang naik pesawat itu lagi seumur hidup. Juga jangan becanda soal pesawat jatuh dan yang berhubungan dengan ini. Mungkin menurut kamu itu lucu. Tapi sebenernya sih itu gak lucu sama sekali. Jadi mendingan naik pesawat, minum susu, bobo.

Nah, kalau kamu udah paham tutorial naik pesawat ini artinya kamu siap terbang. Ada trik lain yang perlu diketahui? Bagi-bagi yuk di sini!