Tipe-Tipe Pengguna BB Berdasarkan Umurnya

Kali ini MBDC kembali membahas smartphone yang sebenernya gak smart-smart amat kalo dibandingin sama smartphone lainnya, yang sangat populer di masyarakat kita. Smartphone apa sih yang lagi kita omongin? Tentu saja Blackberry!

Menurut MBDC, BB jadi populer banget disini soalnya pas jaman-jaman BB mulai booming, provider layanan seluler di Indonesia gak punya paket sms gratis unlimited ke semua operator. Dan muncul lah BB dengan BBM-nya yang membuat kamu bisa chatting sepuasnya sama semua orang yang punya BB juga. Yah, di jaman yang edan ini, orang yang punya HP lebih seneng chatting daripada ngobrol langsung dengan menelpon. Sebenernya bisa aja sih, chatting lewat YM, MSN, atau Gtalk pake smartphone lain, tapi dulu kan BB secara gak langsung jadi alat status sosial juga. Kalo gak pake BB suka dianggep gak asik.

Nah saking populernya si BB di negara yang menurut Justin Bieber random ini, BB dipake sama semua orang, dari anak kecil sampe kakek-kakek. Dan menurut penelitian MBDC, beda umur, beda lho cara make BB. Nih kita jelasin ya..

Umur 0-5 

Anak umur segini sih menurut MBDC harusnya belom pake BB. Pake HP Nokia jadul juga harusnya belom! Tapi banyak kan, orang tua yang kurang bertanggung jawab yang ngasi anak dibawah umur HP kelewat canggih. Akhirnya sih itu BB dipake sama mbak baby sitternya sih paling. Eh kalo kamu termasuk yang umur segini dan udah bisa buka internet, kami salut sama kamu! Tapi kamu juga harusnya jangan buka MBDC, buka ini aja!

Umur 6-12

Nah para pengguna usia SD. Masih bocah ingusan gitu deh. Menurut kami umur segini juga kecepetan sih pake BB. Paling dipake buat nanya PR sama temen sekolah, ngomongin episode Ben 10 sama Tendangan si Madun terbaru, ama nanya mamah pak supir yang jemput udah jalan apa belum. Sama paling dipake buat FB dan Twitter, yang isinya juga gak jelas, soalnya umur segini belom ngerti-ngerti amat fungsi social media sebenarnya.

Umur 13-22

Para remaja dan young adult ini menurut MBDC udah cocok pake smartphone. Buat kamu, BB adalah alat pergaulan kamu, dan juga buat status sosial. Apa? HP Kamu masih belom berwarna layarnya? Duh sori ya, kita gak level maen sama kamu. Fungsi utama BB bagi kamu sudah pasti BBM, buat chatting seharian sama temen-temen kamu, dan juga buat pacaran lah. Fungsi kedua utama buat social media pasti, kamu gak boleh dong ketinggalan update status cewek paling cantik kelas sebelah, walaupun statusnya cuma ngasi tau dia lagi makan apa sama denger lagu apa. Informasi apapun tentang si cewe itu, apapun, sangat vital bagi kamu walaupun kamu sebenernya gak berani ngegebet juga.

Umur 23 - 35

Kamu udah gede, udah tau mana yang baik mana yang buruk. Kamu tau iOS dan Android itu lebih superior daripada BB OS yang kacrut itu. Tapi karena tuntutan masyarakat dan pekerjaan, kamu nyerah deh pake BB. Tapi gak usah malu, karena banyak yang seperti kamu, dan RIM membuat BB pertama kali emang buat orang-orang seumuran kamu ini. Fungsi utama BB buat kamu sesuai dengan fungsi sebenernya, buat komunikasi, terutama BBM dan email. Maksudnya komunikasi disini adalah mempermudah bos kamu untuk memberikan perintah dan pekerjaan baru untuk kamu.

Kamu sering bilang pengen liburan sehari aja, dan BB kamu matiin, tapi kenyataannya ketika kamu liburan beneran, hal pertama yang kamu lakukan adalah mastiin BB kamu nyala di tujuan kamu.

Umur 35 - 65 

Golongan umur segini menggunakan BB sama dengan kategori sebelumnya, cuma bedanya, kamu make BB supaya gampang ngasi perintah dan.. Eh maaf. Anda memakai BB agar mudah memberikan instruksi dan memperlancar komunikasi antara anda dan bawahan anda. Selain itu anda menggunakan BB untuk menjaga silaturahmi dengan kerabat dan kolega.

Group BB anda biasanya isinya teman SD/SMP/SMA, Kuliah, Arisan dan sejenisnya, dan lewat group tersebut anda sering saling berkirim guyonan-guyonan klasik serta berita-berita terkini yang anda teruskan kepada sanak famili anda.

Umur 65 <

Wah canggih nih, kakek-kakek pake smartphone! Walaupun jarang, tapi keberadaan kakek/nenek high tech di negara ini tidak bisa dipungkiri lagi. Mereka biasanya berjiwa muda, dan masih aktif berkegiatan, baik itu main golf, kumpul-kumpul dengan teman lama, atau ikut acara orang-orang kaya gitu deh. Bagi mereka, BB tentunya digunakan untuk komunikasi dengan keluarga dan teman-teman lama.

Mereka biasanya aktif di group keluarga, dimana mereka suka mengirim cerita-cerita inspiratif, atau yang bersifat keagamaan.

Special Case : Tante-Tante Mall (Segala Usia) 

Buat para tante-tante ini, BB tentu saja digunakan untuk status sosial dan menjaga komunikasi dengan rekan-rekan sesama tante Mall. Group BB tante mall biasanya ngomongin kapan mau arisan selanjutnya, dan acara-acara sosial lainnya. Para tante mall ini biasanya megang BB di tangan kanan, sementara sebuah handbag mahal bergelayutan di tangan kiri. Dan gak jarang juga, mereka punya ekor yang berupa balita dan baby sitter yang juga mencakup asisten pribadi.

Nah, sekian laporan dari penelitian MBDC. Apakah kamu setuju ? Kalo setuju, mari kita diskusikan lebih dalam di bagian comment. Kalo enggak, yaudah sana gih, bikin aja penelitan sendiri terus kamu publish di website kamu sendiri *sensi*

Other Post