#TanyaJawabMBDC: Apa Yang Dilakukan Kalau Tertipu 1 Miliar?

Jumpa lagi di #TanyaJawabMBDC, tempatnya kamu bisa bertanya segala macam hal yang mungkin bahkan orang tua kamu pun gak punya jawabannya! Pertanyaan hari ini datang dari @csugiono:

Lho, Christian Sugiono ternyata baca MBDC juga? Kyaaa! Ehem. OK. Wah, gila apes banget nasib kamu yah nak...ck ck ck. Tapi gak apa-apa, toh itu hanya uang. Yang penting kesehatan dan harga diri kamu tidak diembat juga. Uang hilang itu bisa dicari lagi. Tapi ya, cape juga kali ya ngumpulin sebanyak itu? Gak tau sih. MBDC belum pernah punya 1 M. Ada yang mau hibahin ke MBDC?

Kalo menurut MBDC sih, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan apabila kamu tertipu 1 Miliar Rupiah.

1. Laporin Polisi

Ini sih udah jelas, namanya rampok. Maling ayam aja dilaporin ke polisi, malah kadang sampe dibakar massa, nah ini rampok 1 Miliar harus diberlakukan hal yang sama dan lebih serius. Tapi yang pasti kalo membawa masalah ini ke hukum, kamu akan keluar banyak biaya ini itu lagi, seperti misalnya untuk administrasi polisi, sidang, urusan lawyer, dan lain-lain.

Tapi yang pasti sih orang yang nipu kamu itu mesti dikasih pelajaran. Merasai bagaimana rasanya hidup dalam kurungan penjara.

2. Diemin Aja Biar Kena Hukum Karma

Kalo cape dan ribet dan gak mau keluar duit lagi untuk bawa ke jalur hukum, ya udah kamu bisa aja diemin itu orang sampe pada akhirnya kena batunya juga. Ini sih urusan percaya gak percaya dan ikhlas gak ikhlas. Emang sih pasti rasanya kesel banget dan bisa-bisa itu orang malah keenakan kalo gak dikasih pelajaran.

Tapi biasanya hukum Karma adalah hukum yang selalu berlaku. Dan pembalasannya juga cepat. Seperti kata pepatah: Karma is a bitch. A dirty one.

3. Kerja Rodi Tanpa Digaji Selama 16 Tahun

Untuk ngembaliin jumlah uang yang udah diambil, maka si pelaku harus membayarnya dengan ongkos jasa gratis kerja apapun. Anggep aja kalo orang itu punya skill jasa yang bisa dihargai senilai Rp. 5.000.000,- per bulan. Maka untuk ngembaliin duit 1 Miliar itu dia harus kerja sebanyak: 200 bulan dan itu artinya kerja 16 tahun tanpa digaji. Hmmm. Mayan lama yaa...

4. Ajak Berantem

Yah namanya ketipu Rp. 1M udah gak kebayang lagi sih keselnya gimana. Nah, rasa kesel ini itu harus dilampiaskan lho. Kamu bisa melakukannya dengan mengajak si tukang tipu berantem atau hajar hidungnya sampai keluar darah (sampe patah lebih OK). Tapi kamu harus ingat! Kamu pasti akan kena kasus penganiayaan dan kena jeratan hukuman juga. Kalau mau sama-sama masuk penjara dan berantem di dalem sel sih ya lakuin aja point yang ini.

Nah coba menurut kamu yang paling cocok yang mana nih? Jawab di MBDC Polling ini yah!

Orang yang nipu Rp. 1M enakya diapain ya?

  • Laporin polisi
  • Diemin aja, biar kena hukum karma
  • Kerja rodi tanpa digaji selama 16 tahun
  • Ajak berantem!!

See Results