Emoticon Chat Yang Artinya Ambigu

 

Dari jaman dulu kamu suka SMS-an, chatting, sampai sekarang zamannya BBM atau WhatsApp, emoticon lucu-lucu memang menggoda banget buat dipake pas chat. Emoticon ini bisa memberikan gambaran emosi kamu pada saat itu, karena seperti yang kamu tahu, di dunia perchattingan, emosi adalah hal yang sulit untuk ditunjukkan. Tapi, ada kalanya emoticon ini justru membuat pesan kamu jadi ambigu dan bikin kesel orang. Misalnya emoticon seperti:

1. *hugs* 

Kadang-kadang kalau ada temen yang sedih atau galau, emoticon ini memang paling banyak dipakai buat pelukan virtual. Sayangnya, dengan muka senyumnya itu emoticon *hugs* ini agak kurang cocok kamu pakai kalau lagi suasana duka.

Contoh: “Ky, gue denger lo baru putus ya? Gue turut berduka ya...

Ini bisa jadi ambigu karena dua hal. Pertama, kamu bakal dikira seneng di atas penderitaannya, karena kamu meluk dia sambil senyum lebar. Kamu liat muka emoticonnya deh. Itu seneng bahagia, bukan seneng empati! Yang kedua, kamu juga bisa dikira psycho, karena orang sedih malah dipeluk sambil mesem-mesem kayak gitu. Kamu pasti punya keinginan tersembunyi ya?!

2. (Y) 

Emoticon yang satu ini biasanya dipakai buat bilang ‘Oke’ atau ‘Sip!’ yang artinya setuju. Nah, kadang-kadang ada juga yang salah arti, dikiranya (Y) itu buat main suit dan sialnya lawan chatnya nggak paham kalau dia diajak suit. Kalaupun paham susah juga cari emoticon telunjuk atau kelingking. Akhirnya didiemin aja, ngambek deh terus berantem, delete contact. Lebih parah lagi kalau (Y) ini dipakai buat lambang ‘topan’ alias ‘pas dulu’ sama pasangan yang lagi berantem. Maksudnya sih ‘topan’ dulu berantemnya, eh dikira pacar, kamu oke-oke aja. Makin kesel lah dia, putus deh!

3. *kedip* 

Kalau kesalahan-kesalahan sebelumnya lebih banyak dilakukan oleh cowok, nah kalo yang ini kebanyakan dilakukan cewek-cewek! Nggak banyak yang tahu kalau emoticon ini juga artinya ‘oke’, dan mengira kalo emoticon kedip ini artinya 'ajakan' untuk melakukan sesuatu. Salaaaaah!!

Contoh:

Y: “Jadi ntar sore gue ke rumah lo ya anterin buku matematika?”

X : “Iya..Jam 5 ya?

Y : Siap! Eh, Rumah lo masih di deket pasar itu kan?

X: jangan telat yah!

Y : (Y)

X :

Kamu pasti udah ngira ada #kode di balik kedipannya dong? Tau-tau ntar kamu ke rumah dia bawa kondom, dia liat, situasi jadi awkward, trus kalian gak ngomong lagi satu sama lain seumur hidup. Gak enak kan? Makanya lain kali kalo lagi chatting sama cewek seksi trus dapet emoticon ini, jangan keburu seneng dulu. Dunia nyata tidak sebaik itu sama kamu.

4.  *pukpuk* (´._.`)\('́⌣'̀ )

Emoticon ini populer gara-gara kata puk-puk yang sering dipakai buat menghalau galau. Nah, kata tersebut sekarang berkembang jadi emoticon juga. Maksudnya sih mau kasih semangat, tapi kok bentuknya jadi mirip orang cariin kutu di kepala? Udah gitu kenapa yang ngasih puk-puk kayaknya lagi nangis gitu? Gak rela ngasih puk-puk apa gimana sih?

5.  *uletbulu* (‾▿‾♒♒͡♒͡♒͡♒͡♒͡)

Gara-gara kasus ulet bulu yang heboh, orang-orang pada gatel juga bikin emoticon ulet bulu. Berhubung eranya sudah lewat, jarang banget emoticon ini dipakai lagi. Sekarang, emoticon ulet bulu ini jadi lebih mirip suster ngesot yang badannya kurang singset dan lebih ceria dengan wajah senyum. Gak apa-apa sih, jadi nggak serem atau bikin gatel-gatel lagi ulet yang satu ini. Trus kenapa ambigu? Ya karena gak ada artinya sih. Coba kamu lagi pacaran romantis sama pacar kamu di chatting (pacaran kok di chatting...kasian -red) trus tiba-tiba kamu kasih emoticon ini ke pacar kamu. Palingan kamu dikasih emoticon kaki lagi nginjek. Eh, ada gak sih emoticon nginjek?

Apa emoticon paling ambigu dan sering membuat kamu kesal? Silakan dishare di comments.

Other Post