Detektif #Kode: Misteri Kode Abstrak

Kembali lagi di Detektif #Kode, sebuah rubrik dimana saya, Detektif #Kode, akan membantu kamu memecahkan kode-kode rahasia yang ada di dunia maya. Hari ini, investigasi saya membawa saya ke sebuah petunjuk yang cukup menarik untuk dipecahkan.

Kode ini mengingatkan saya pada sebuah kasus yang saya alami di masa lalu. Kira-kira 5 tahun yang lalu. Pada saat itu saya masih seorang detektif muda yang naif. Saat itu saya sedang menyelidiki kasus hilangnya seorang perempuan muda. Saya masih ingat, saat itu bulan November. Hujan turun dengan deras. Air membasahi mantel yang saya pakai.

Saya berdiri di depan sebuah rumah tua, tempat dimana perempuan yang hilang itu terlihat untuk terakhir kalinya. Rumah itu suram. Hanya ada sedikit lampu berwarna kekuningan yang menerangi pintu gerbang rumah tersebut. Dengan langkah ragu saya berjalan mendekati gerbang rumah tersebut. Gerbang rumah tersebut menimbulkan bunyi yang menyayat hati ketika dibuka, menambah kesan angker rumah tersebut. Saya berjalan menjauhi gerbang rumah tersebut, menuju pintu utama rumah yang berjarak kurang lebih 10 meter dari pintu gerbang.

Saya mencoba mengetuk pintu, namun pintu tersebut malah terbuka ketika saya ketuk. Pelan-pelan saya mendorong pintu tersebut dan saya melangkah masuk. Lantai yang terbuat dari kayu tersebut menimbulkan suara berdecit ketika saya injak. Aroma rumah tersebut usang. Lembab. Air hujan dari mantel saya menetes dengan deras di lantai itu.

Kemudian saya melihatnya.

Saya melihat sebuah komputer menyala. Monitor komputer itu mati, tapi CPU-nya memancarkan warna biru. Saya mendekati komputer tersebut. Dengan sedikit ragu, saya menekan tombol power monitor tersebut. Cahaya terang muncul dari layar monitor. Monitor tersebut menyala.

Di monitor terlihat sebuah lembar dokumen yang masih kosong. Perlahan tangan saya mendekati keyboard yang ada di depan monitor itu. Saya mencoba menekan sebuah huruf di keyboard tersebut.

Tidak ada huruf yang terlihat di layar. Saya mencobanya lagi. Kali ini saya menekan beberapa huruf secara asal, sekaligus. Tidak ada huruf yang terlihat di layar. Namun tiba-tiba beberapa detik kemudian, keluarlah huruf-huruf tersebut.

j asdf

Serupa dengan tulisan #kode yang kita miliki di atas. Jadi saya rasa, sebenarnya itu hanya sedang test keyboard saja.

Saya rasa cukup sekian. Sepertinya sudah cukup jelas. Terima kasih.