Bahasa Asing Yang Populer dan Tingkat Kesulitannya

Di era globalisasi ini, pemuda-pemudi seperti kita dituntut untuk menguasai bahasa asing. Minimal satu lah, biar kece gitu. Banyak opsi yang tersedia; kamu bisa belajar bahasa Inggris, Spanyol, Peranics, Jerman, Mandarin, dan lain-lain.

Namun, sama halnya dengan belajar apapun juga, untuk mempelajari bahasa asing tentu saja memiliki kesulitan masing-masing. Nah, berikut ini adalah 4 bahasa asing yang paling populer dan tingkat kesulitannya, untuk membantu kamu memilih bahasa asing apa yang akan kamu pelajari!

1. English

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh dunia. Karena MBDC males melakukan penelitian, MBDC gak tau persis tepatnya berapa jumlah orang yang dapat berbicara bahasa inggris. Tapi MBDC yakin, banyak banget orang di dunia ini yang bisa bahasa Inggris.

Tingkat kesulitan dalam belajar bahasa Inggris ini terbilang rendah. Kenapa? Karena kamu bisa mengasah kemampuan bahasa inggrismu di mana saja. Coba kamu nyalain radio, banyak tuh lagu-lagu bahasa Inggris. Coba kamu ke bioskop, banyak film-film dengan bahasa Inggris. Belajar dari lagu dan film itu praktis karena disamping kita bisa memperluas kosa kata, kita juga tau gimana mengucapkan kata tersebut dengan benar.

Tingkat kesulitan: ★★

2. Español

Apakah kamu bermimpi untuk punya pacar orang Spanyol atau orang Amerika Selatan? (selain Brazil). Bahasa Spanyol adalah solusinya!

Sedikit lebih sulit dari bahasa Inggris dari sisi tata bahasa, namun pengucapan-pengucapan kata di bahasa Spanyol ini mirip dengan pengucapan kata dalam bahasa Indonesia. Kalau kamu membaca sebuah teks dalam bahasa Spanyol dan kamu ucapkan seolah-olah kamu membaca tulisan bahasa Indonesia, orang-orang pasti akan mengira kalau kamu sangatlah fasih berbahasa Spanyol!

Bahasa Spanyol dapat kamu pelajari sembari nonton pertandingan bola liga spanyol. Dengerin aja tuh komentator ngomong apa, kalau kamu bisa ngerti dia ngomong apa, kamu jago sekali! Cara lainnya adalah dengan menonton telenovela. Kapan lagi belajar bahasa dari om-om dan tante-tante yang “enak dilihat”

Tingkat kesulitan: ★★★

3. Français

Disebut-sebut sebagai bahasa terseksi di dunia, bahasa Perancis memang terkenal sulit untuk dipelajari. Kesulitan terumum yang ditemui oleh orang-orang yang mempelajari bahasa Perancis adalah pengucapan katanya.

Tata bahasa dalam bahasa Perancis juga tidak bisa dianggap remeh. Dalam belajar bahasa Perancis, katanya sih, kamu butuh kesabaran ekstra. Tapi setelah kamu menguasai bahasa Perancis, tingkat keseksian kamu pasti melonjak tinggi. Disamping itu, bahasa Perancis merupakan bahasa utama yang digunakan oleh PBB lho! Siapa tau gitu kamu bisa kerja di PBB

Tingkat kesulitan: ★★★★

4. 漢語

Dari list bahasa-bahasa di sini, bahasa Mandarin alias Hanyu merupakan bahasa yang memegang gelar “tersulit untuk dipelajari”. Seperti yang kamu ketahui, dari keempat bahasa yang kami cantumkan di artikel ini, bahasa Mandarin adalah satu-satunya bahasa asing yang tidak menggunakan alphabet dalam penulisannya. Well, ada sih yang menggunakan alphabet atau biasa disebut dengan “pinyin”, tapi yang paling sering digunakan adalah “Hanzi”.

Untuk fans film silat mandarin, mungkin seru tuh kalau kamu bisa nonton film tersebut tanpa mengganti bahasanya. Disamping terlihat keren, kamu pasti dianggap sebagai orang yang sangat cerdas secara linguistik! Tapi mempelajari bahasa Mandarin sungguhlah sulit. Untuk bisa baca koran berbahasa mandarin, setidaknya kamu harus hafal 3,000 karakter mandarin. Lho emang ada berapa sih karakter mandarin?! Ada sekitar 40,000an lah. Belum lagi cara pengucapannya yang kalo beda nada artinya juga bisa beda. Belajar bahasa Mandarin mending dari kecil sih.

Tingkat Kesulitan: ★★★★★

Sudah siap belajar bahasa asing? Nanti kalau udah fasih jangan lupa ajarin MBDC ya.

Other Post