#TanyaJawabMBDC: Jika Saya Menyusu Pada Ibu yang Sedang Menyusui, Apakah Saya dan Anaknya Jadi Saudara Sepersusuan?

Salam super! Jumpa lagi di #TanyaJawabMBDC, tempatnya kamu bisa bertanya segala macam hal yang mungkin dianggap tabu di kehidupan sosial. Pertanyaan hari ini datang dari @FirsanIlyas:

Hmmmm. MBDC mencoba menelaah pertanyaan ini dengan sebaik-baiknya. OK. Baiklah. Mari kita coba jawab. Menurut hemat MBDC, ada beberapa kemungkinan jawaban dari pertanyaan ini. Kemungkinan ini didasarkan dari apa hubungan kamu dengan si ibu-ibu, karena di pertanyaan tersebut kamu tidak menjelaskan hubungan kamu. Baiklah mari kita coba telaah.

Kalau Si Ibu Adalah Istri Kamu...

Hubungan Kamu: Kemungkinan besar kamu adalah bapak dari anak itu. Mungkin kamu udah puasa hoohan lama, jadi gak tahan, dan pengen ikutan nyusu aja.

Kalau Si Ibu Adalah Ibu Kamu...

Hubungan Kamu: Berarti kemungkinan anak yang lagi disusui itu adalah adik kamu dan otomatis ya kamu gak hanya jadi saudara sepersusuan, melainkan kamu juga adalah saudara kandung. Tapi agak-agak aneh juga sih kalo kamu udah gede dan kamu masih ikutan nyusu sama mama kamu, dan lebih aneh lagi karena mama kamu ngijinin.

Kalau Si Ibu Adalah Orang Random di Jalan...

Hubungan Kamu: Gak tau, tapi yang jelas mungkin kamu adalah orang gila yang harusnya dimasukin rumah sakit jiwa karena mengganggu ketentraman umum.

Kalau Si Ibu Adalah Seorang MILF...

Hubungan Kamu: Gak tau juga. Mungkin kamu dan anaknya memang saudara sepersusuan, tapi yang jelas kamu adalah pahlawan kita semua.

Tapi mungkin yang paling bener adalah seperti ini:

Apabila seorang wanita telah menyusui seorang anak sebanyak lima kali susuan (yang menjadikan anak tersebut kenyang, red) yang telah diketahui bersama atau mungkin lebih dari itu, maka selama anak tersebut masih belum berumur dua tahun, anak yang disusui tersebut sudah menjadi anak ibu yang menyusuinya beserta suaminya, dan semua anaknya dari suaminya dan selainnya telah menjadi saudara anak yang disusui, dan semua anak suaminya menjadi saudaranya pula.

Nah gitu deh kira-kira. Ada yang mau nambahin? Tambahin gih di comment.

*Punya pertanyaan yang gak bisa ditanyain ke mama? Tanyain aja ke MBDC, setiap Sabtu via Twitter dengan hashtag #TanyaJawabMBDC!