Macam-macam Makanan Penambah Semangat Ujian

Lagi musim Ujian Nasional nih! Bukan cuma materi ujian yang punya kisi-kisi, memilih makanan untuk disantap selama masa ujian pun ada triknya. Mengapa demikian? Soalnya apa yang kamu makan itu berpengaruh langsung pada reaksi tubuh kamu sesudahnya. Makanya, hati-hati pilih makanan. Ini dia, macam-macam makanan penambah semangat ujian!

Sarapan:

Oke: Bubur ayam spesial pake telor, bubur manado, oatmeal, roti bakar isi pisang + selai kacang, sandwich isi telor atau tuna.

Telur dan kacang-kacangan adalah sumber protein jempolan. Ramuan ampuh yang bikin tubuh kamu memproduksi asam amino, ini katanya bisa bikin otak bekerja makin mantep. Rumus-rumus yang diapalin semalam mudah-mudahan gak ada yang kelupaan jadinya! Sayur-sayuran juga mengandung banyak vitamin yang membuat tubuh terasa segar dan pikiran pun lancar. Sementara itu, pisang adalah sumber potassium dan vitamin B, kandungan yang konon sangat baik buat daya kerja otak. Nah kalau tuna atau pun ikan-ikanan mah baik buat otak karena menganduk asam lemak omega-3, bikin pinter nih katanya!

Tidak oke: Nasi uduk, nasi kuning apalagi nasi tumpeng lengkap dengan ayam utuh. Karbohidrat emang menambah energi, tapi kalau kebanyakan bisa bikin kamu ngantuk!

Makan Siang:

Oke: Karedok/gado-gado/lotek, Ayam bakar + lalapan (tapi nasinya jangan porsi kuli), sushi set.

Sayur-sayuran dan kacang-kacangan pada gado-gado adalah sumber vitamin dan energy yang cihuy. Sushi set juga baik buat kamu karena ikan-ikanan mengandung omega-3. Nah kalo lagi makan ayam, coba pilih dada mentok aja ya, lemaknya terbilang lebih sedikit daripada bagian paha atau pun sayap.

Tidak oke: Bakso atau soto, makanan yang banyak mengandung air membuat kamu merasa ngantuk dan malas, bikin sering pipis pula. Hindari juga mie ayam yamin karena kadar garamnya tinggi, dan bisa bikin resah gelisah. Junk food juga dihindari lah, kurang menyegarkan gitu buat otak kamu yang lagi didera hapalan bertubi-tubi.

Cemilan:

Oke: Rujak buah, pisang bakar, yoghurt, kacang rebus.

Buah-buahan sangatlah oke karena selain mengandung vitamin juga mengandung gula alami yang bikin kamu berenergi dan penuh semangat. Buah-buahan juga mengandung banyak mineral yang bikin kamu segar. Makin semangat lah pokoknya.

Tidak oke: Gorengan , gulali atau apa pun yang rasanya terlalu manis. Kenapa? Bikin sugar rush, abis itu ngantuk. Kopi boleh, tapi jangan kebanyakan.

Makan malam:

Oke: Makanan yang bikin kamu senang, karena bisa membangkitkan hormone endorfin yang bikin happy dan rileks. Tidur pun jadi enak. Secangkir teh hangat (jangan yang mengandung kafein), coklat panas, bahkan bajigur juga bisa menghangatkan badan dan bikin kamu jadi nyaman!

Tidak oke: Makan hati coba dihindari ya, yang ada malah galau semalaman karena kepikiran, trus gak jadi belajar deh. Pukpuk.

Nah itulah macam-macam makanan yang bisa membangkitkan semangat kamu saat Ujian Nasional, bisa juga diterapkan saat kamu sedang menghadapi ujian yang lain-lain seperti ujian cinta, ujian kesabaran dan ujian-ujian dalam hidup lainnya. Semangat!