Hal-Hal yang Anak Sekolahan (Mungkin) Belum Tahu Tentang Dunia Kerja

Anak muda memang selalu penuh dengan harapan. Mereka seringkali ingin cepat dewasa supaya bisa cepet kerja, dapet duit, dan bisa melakukan apa saja yang mereka mau. Tapi, hari ini MBDC akan memberitahukan sebuah kenyataan pahit bagi kamu para pelajar masa depan bangsa: kerja itu gak enak. Apalagi kalo konteksnya adalah kamu kerja sama orang lain alias pekerja kantoran. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang mungkin kamu belum tahu tentang dunia kerja!

Kerja di Sudirman Itu Gak Enak

Salah satu impian paling pasaran anak-anak muda yang ingin segera kerja adalah pengen banget kerja di perkantoran Sudirman. Sedikit info aja sih, kerja di Sudirman itu gak enak lho. Okelah gedung-gedungnya tinggi dan banyak di antara gedung-gedung itu yang keren-keren. Tapi ada satu masalah di Jalan Jendral Sudirman yang membuat semua itu jadi tiada berarti: macet. Kerja di Sudirman itu sama dengan berangkat macet dan pulang lebih macet lagi. Kalo kamu anaknya gak suka macet, ada baiknya kamu merubah impian kamu untuk kerja di Sudirman.

Di Dunia Kerja, Kalo Kamu Bikin Salah Akibatnya Bisa Fatal

Di sekolah atau kuliah, kalo kamu bikin salah ketika bikin tugas, efeknya gak bakalan terlalu parah. Katakanlah kamu dapet tugas akuntansi. Trus di hasil akhirnya, harusnya kamu nulis Rp. 15,000,000 tapi kamu malah tulis Rp. 150,000,000. Palingan kamu dapet jelek. Tapi, kalo di dunia kerja kamu sampe melakukan kesalahan macem begini, akibatnya bisa luar biasa fatal. Perusahaan kamu bisa rugi ratusan juta trus bisa bangkrut, semua cuma gara-gara kamu kelebihan nulis 0. Kalo cuma kamu yang dipecat sih gak papa ya. Tapi kalo sampe bikin semua temen kamu kehilangan pekerjaan (gara-gara kantor kamu bangkrut) kan agak gak enak gitu yah.

Telat Itu Masalah Serius di Dunia Kerja

Apa yang terjadi kalo kamu telat di sekolah? Palingan suruh ngepel. Nah, apa yang terjadi kalo kamu telat di dunia kerja? Setiap kantor punya policy yang beda-beda sih, tapi intinya sama: telat itu masalah serius. Ada yang baru ngasih peringatan setelah kamu telat beberapa kali, tapi ada yang punya policy bahwa setiap kamu telat, uang gaji kamu akan dipotong Rp. 50,000. Telat 10 kali, udah ilang Rp. 500,000 tuh. Mayan tuh buat makan enak.

Gak Ada Libur

OK, itu agak berlebihan. Di dunia kerja ada liburnya sih...tapi yang jelas gak sebanyak waktu kamu sekolah atau kuliah. Waktu sekolah atau kuliah, setiap ganti semester kamu pasti ada liburnya. Apalagi kalo ganti semesternya dari genap ke ganjil. Wih liburnya bisa itungan bulan. Sementara itu di kantoran...kalo kamu sampe bisa dapet libur seminggu ajah, itu berarti kamu sudah menjadi seorang pegawai kantor yang sungguh beruntung. Libur itu adalah hal yang sangat langka dalam dunia pekerjaan, sampe-sampe kalo ada libur panjang, orang-orang kantoran itu bikin syukuran gitu. Itu juga agak berlebihan sih. Eh, tapi gak terlalu berlebihan juga sih sebenernya. Gitu deh.

Nah, makanya. Jangan cepet-cepet pengen jadi orang kerja deh. Nikmatin aja dulu masa-masa sekolah/kuliah. Enak lho, rasanya kayak gak punya tanggung jawab gitu. Udah ah, harus meeting dulu nih. Ntar harus lembur.