Film Horor Indonesia Jadul Yang Membuat Trauma

Apa itu pocong-pocongannya KK Dheeraj? Yang ada malah bikin kita pengen ngeludahin. Tapi kalau film horor Indonesia era 70-80an... nah ini justru bikin kita mau nelen ludah juga gak bisa saking seremnya. Kalo kamu nonton film-film ini saat kamu masih bocah, ada kemungkinan kamu menjadi trauma dan seumur hidup kamu jadi agak-agak penakut gimana gitu. Bahkan mungkin tidur siang pun kamu gak berani. Nah, inilah beberapa film horor Indonesia jadul yang cukup membuat trauma!

Bayi Ajaib (1982)

Settingnya di pedesaan gitu, tentang persaingan pemilihan lurah. Dorman menggunakan roh jahat nenek moyangnya Alberto Dominique untuk merasuki janin Sumi, istri Kosim saingannya. Sumi pun melahirkan Didi, bayi yang sudah terasuki roh jahat dan mengacaukan desa tersebut. Roh jahat berhasil terdeteksi di tubuh Didi ketika ia tidak bisa disunat, akhirnya oleh pak haji setempat roh tersebut berhasil dikeluarkan dan Didi bisa disunat dengan normal.

Adegan paling mengerikan dari film ini adalah ketika : Bayi yang baru lahir dan akan dibersihkan nemplok ke dukun beranaknya dan mengunyah lehernya. Oh dan salah satu adegan absurd lainnya adalah ketika Sumi yang sedang hamil terperosok ke kuburan Alberto dan tengkoraknya bangkit dan memperkosa Sumi. Sungguh adegan yang spektakuler dan traumatis.

Pengabdi Setan (1982)

Kalau ini ceritanya tentang sebuah keluarga kaya yang ditinggal mati sang ibu. Semenjak bertemu arwah ibunya di malam pertama kematiannya, Tommy mulai mempelajari ilmu-ilmu hitam. Kemudian datanglah Darminah yang bekerja sebagai pembantu di rumah Tommy. Semenjak kedatangan Darminah, banyak hal-hal seram yang terjadi, dari mulai kuntilanak sampai akhirnya kematian pak Karto, tukang kebun mereka yang gantung diri dengan ganjil dan juga Herman, pacar Rita, adik Tommy. Darminah ternyata adalah pengabdi setan yang bertugas meneror orang yang imannya lemah sampai meninggal sebelum sempat bertaubat. Bahkan Darminah membangkitkan ibu Tommy, Herman, dan Pak Karto dari kubur dan menyuruhnya untuk membunuh seluruh keluarga Tommy. Endingnya? Ya dibacain alquran dong, terus kebakar deh semua.

Adegan paling mengerikan dari film ini adalah ketika : Kuntilanak muncul di depan Rita. Kematian Pak Karto yang gelantungan gantung diri, dan tentu saja adegan dikejar-kejar sama zombie. Sampe sekarang kalau denger orang berbisik ‘deen Tommyy, deeeeen Tommyyy...’ aja MBDC masih merinding. Hiiy.

Malam Satu Suro (1988)

Kalau kamu belum pernah nonton pelem ini, gak sah banget. Sama dosanya kayak belum pernah nonton AADC. Suketi itu legenda! Cerita tentang seorang gadis yang mati bunuh diri karena diperkosa dan hamil, kemudian gentayangan menjadi sundel bolong. Ia pun dibangkitkan dari kubur oleh Ki Rengga dan ditancapkan paku dikepalanya dan menjadi manusia. Suketi kemudian menikah dengan Bardo pada malam satu suro dan menjadi kaya raya di Jakarta. Tapi rupanya rekan bisnis Bardo yang hendak berbuat licik pada Bardo mengetahui masa lalu Suketi sebagai sundel bolong dan kemudian mencabut paku dari kepalanya. Suketi pun kembali menjadi sundel bolong. Ia lalu membalas dendam kepada para komplotan penjahat yang sudah merusak kebahagiaannya menjadi manusia, apalagi ketika para penjahat tersebut membunuh anaknya. Suketi juga mulai mengganggu masyarakat sekitarnya. Akhirnya ia kembali ke alam baka setelah diiklaskan oleh Bardo.

Adegan paling mengerikan dari film ini adalah ketika : Suketi dicabut pakunya dan kembali menjadi sundel bolong. Ia berdiri di luar jendela dengan cahaya temaram menyorot dari bawah. Kebayang kan mukanya Susana lagi melotot? NAH! Ini pasti bikin banyak orang gak berani liat jendela kalo udah malem. Tapi ada juga adegan sedih, yaitu ketika Suketi ingin kembali ke keluarganya dan main piano menyanyikan lagu yang sangat sedih. Kemudian ia menggali kuburan anaknya, memasukan jasadnya dalam peti dan menariknya pelan-pelan sambil berjalan. Hiks.

Huuuft udah ya tiga aja. Ngebayanginnya aja udah serem. Oh iya, kalo ada salah-salah plot ya maaf deh, udah lama soalnya. Ntar kalau ada yang kepikiran lagi, kita bahas. Atau kalian punya contoh film horor jadul lain yang bikin trauma waktu kecil? Ceritain dong dong dong.

Other Post