Cara Mengatasi Macet Jakarta Dalam Kurang dari 3 Tahun

Pilkada DKI semakin dekat dan sepertinya para cagub makin gencar berkampanye. Mereka sibuk mengumbar janji, baik meyakinkan maupun tidak. Salah seorang cagub menjanjikan bahwa dia mengatasi macet dan banjir di Jakarta dalam waktu kurang dari 3 tahun dan kalau dia gak bisa, dia bakal mundur. Whoa jagoan banget. MBDC berusaha mencari detil mengenai hal riil apa yang bakal si cagub ini lakukan untuk mewujudkan hal tersebut, tapi MBDC gak berhasil nemuin jawaban yang memuaskan. Jadi MBDC mencoba membuat beberapa program yang kemungkinan bisa membantu proyek mengentaskan kemacetan dalam kurang dari 3 tahun ini. Karena siapa yang gak pengen Jakarta bebas macet, coba? Iya kan? Nah, ini dia program usulan MBDC:

Stop Distribusi Mobil & Motor

Stop di sini maksudnya stop sama sekali ya. Beneran gak ada sama sekali mobil baru yang bisa dibeli di Jakarta. Dealer mobil protes? Suruh diem! Kita sedang mengemban tugas mulia untuk mengentaskan kemacetan Jakarta! Mobil dan motor baru itu jelas hanya akan menambah volume kendaraan di Jakarta!

Siapkan Angkot-Copter Untuk Rakyat

Transportasi umum yang baik adalah sebuah syarat utama untuk menuju jalanan yang tidak macet. Salah satu transportasi umum yang paling ideal tentu saja adalah kereta bawah tanah. Tapi, pembangunan kereta bawah tanah ini bisa makan waktu lama banget. Satu jalur aja mungkin bisa 2 tahun. Gimana keburu menyelesaikan macet di bawah 3 tahun? Oleh karena itu sebaiknya pemerintah menyiapkan angkot-copter. Angkot-copter adalah helicopter yang dialihfungsikan menjadi angkot untuk rakyat. Emang muatnya gak banyak sih, tapi paling ngga efisien, karena dia terbang di angkasa, gak mungkin ngetem, sifatnya point-to-point, dan gak mungkin berhenti sembarangan di udara. Kalo helikopter kan pemerintah tinggal beli dong, gak perlu bangun jalur segala. Efektif!

Melarang Semua Penduduk Jakarta Pake Kendaraan Bermotor

Jadi kayak Car Free Day, tapi setiap hari. Dah, selesai. Gak bakal ada macet-macetan lagi. Kosong jalanan. Kamu bisa guling-guling di Sudirman.

Demikianlah 3 program yang menurut MBDC bisa mendukung pengentasan kemacetan dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun. Jika ini dilakukan, niscaya kemacetan pasti akan sirna dan tinggal kenangan belaka. Kamu punya usulan menarik lainnya? Silakan dishare di comment lho.