Cara Berburu Cicak

Dari postingan mainan jorok waktu kecil, banyak banget yang jawab suka mainin cicak. Sebenernya MBDC menentang penggunaan hewan sebagai mainan. Tapi karena ini cicak dan konon di rantai makanan dia gak perlu-perlu banget dan secara populasi dia juga sangat mudah bereproduksi...Jadi gapapalah. Lagian itu gunanya manusia kan ya sebagai posisi paling atas di rantai makanan, ya untuk memangsa makhluk hidup lain yang lebih lemah dong. Karena demikianlah kehidupan berjalan. Kalau bukan kita yang menjaga ekosistem siapa lagi? Cukup disclaimernya. Jadi gini caranya:

Jepret

Ini cara paling sering digunakan karena cicak kan biasanya di dinding atau di langit-langit yang jauh dari jangkauan kita, nah gunakan alat-alat penjepret. Seperti misalnya karet gelang:

Kamu bisa menjepretkannya dengan cara begini:

Jadi kayak main tembak-tembakan gitu. Jangan ngaku jago main CS atau Time Crisis kalo gak pernah berhasil menembak jatuh cicak di dinding. Kalo kamu nembaknya tepat dan cukup kencang si cicak biasanya jatuh dalam keadaan cedera, jadi bisa langsung ditiban buku tebel atau batu atau disekap. Tapi kalo kamu kurang tepat dan dia biasanya cuma jatoh kaget aja, dan kamu harus berburu dia lagi di lantai.

Sambit

Namanya juga disambit, bisa pake macem-macem. Tapi kita saranin sih jangan benda-benda pecah belah karena ngerepotin aja gitu kalo pecah, belum tentu juga kan cicaknya kena. Paling aman sih pake:

Sendal Jepit

Karena sendal jepit punya massa yang cukup untuk memberikan pukulan, tampatan dan dentuman yang kencang sampai bikin si cicak terjatuh pingsan. Tergantung seberapa kuat daya lempar dan kecepatan si sendal mencapai cicak di dinding. Jangankan cicak, kamu coba aja tampar orang pake sendal jepit, lumayan keliyengan loh itu. Atau bisa juga pake:

Sarung

Tapi kalo pake ini namanya jadi diselepet. Ngerti kan ya diselepet itu gimana?

Semprot

Jangan pake minyak wangi lah. Sayang. Pake pembasmi serangga aja. Semprotin langsung ke si cicak. Pasti langsung pusing dia. Kesempatan dia lagi mabok gitu hap langsung kamu tangkap, gak bakal sempet lari dia.

Jebakan

Bikin jebakan betmen lah. Paling gampang sih pake lem dengan umpan makanan, karena cicak demen nyicipin makanan kita. Jangan pake keju, kemahalan. Pake lontong sisa aja atau lemper  bekas arisan mama kemarin.

Kamu punya cara yang lebih advance untuk menangkap cicak? Silakan loh dishare, karena insya allah informasi ini berguna bagi khalayak ramai.

Other Post