Panduan Kalo Mau Nitip Barang Sama Temen yang Pergi ke Luar Negeri

Jadi ceritanya ada temen kamu mau pergi ke luar negeri nih. Nah, kebetulan banget negara yang mau dia kunjungi itu adalah sebuah negara yang kaya akan produk-produk keren dan kemungkinan apa aja ada di negara tersebut. Maka timbulah niat kamu untuk segera nitip barang sama dia. Tapi sebelum kamu nitip, ada baiknya kamu baca dulu panduan ini dulu!

Research Dulu

Ini penting banget ya. Pastiin dulu barang yang kamu mau titip itu emang ada di negara itu. Kalo kamu udah yakin barang yang mau kamu titip itu emang ada di negara itu, cari tahu juga belinya dimana. Lebih bagus lagi kalo kamu bisa memberikan beberapa alternatif tempat beli barang itu, supaya temen kamu bisa menyesuaikan dengan itinerary-nya. Ini akan sangat membantu teman kamu dalam membelikan barang ini. Jangan sembarangan asal nitip barang yang kamu gak yakin ada di negara itu dan jangan asal ngomong "Dimana-mana ada kok!" atau "Ya pokoknya lo cariin aja deh!". Kenapa? Karena kamu brengsek.

Titipin Uang

Kalo kamu beneran niatnya NITIP, bukan ngarep oleh-oleh atau sumbangan kasih, maka kamu HARUS BANGET nitipin uang. Hal ini semakin penting lagi apabila barang yang mau kamu titip itu mahal harganya. Emang kamu pikir temen kamu itu bawa duit ke luar negeri cuma buat beliin barang titipan kamu? Selain itu, dengan nitipin uang, kamu juga memberikan semacam tekanan sama temen kamu untuk mau gak mau beliin barang titipan kamu. Jadi dia gak ada alasan gak sempet gitu. Kalo kamu gak nitipin uang, temen kamu juga gak ada kewajiban buat beliin kamu barang itu sih.

Kalo Kamu Janji Mau Ganti, Beneran Ganti

Ini ada hubungannya dengan research juga. Ada kalanya kamu pengen banget nitip suatu barang, tapi kamu emang gak bisa atau gak sempet nitipin duit. Maka kamu pun berjanji sama temen kamu yang pergi ke luar negeri tersebut untuk beliin dulu dan kamu janji akan ganti. Nah, tapi kebiasaan orang sini itu asal ngomong "mau ganti" aja tanpa tahu harga barang yang dia titipin. Tau-tau harga barangnya mahal banget, terus jadi males ganti. Enak banget. Kalo kamu emang udah janji mau ganti, berapapun harganya, kamu harus ganti. Itu udah resiko kamu sendiri. Gak mau ganti? Mending kamu makan ini aja.

Titip Barang yang Masuk Akal

Biarpun kamu nitipin duit sekalipun, kamu tetep harus nitip barang yang masuk akal. Masuk akalnya gimana? Ya misalnya jangan nitip barang yang ukurannya terlalu besar atau terlalu berat atau sifatnya berbahaya dan bisa bikin temen kamu dapet masalah. Kalo kamu belum tahu, naik pesawat itu aturannya lumayan ketat lho. Ada batas berat barang yang bisa dimasukkin bagasi dan lain-lain. Kelebihan berat bagasi itu biayanya lumayan mahal dan kecuali kamu mau nanggung semua biaya itu, ya gak usah aneh-aneh lah.

Berterima kasihlah Akan Apapun Oleh-oleh Teman Kamu

Baik akhirnya temen kamu bisa beliin titipan kamu ataupun nggak, kamu harus tetap berterima kasih apabila teman kamu itu memberikan sesuatu buat kamu. Karena biar bagaimana pun juga, dia inget sama kamu. Ingat bahwa itu adalah liburan pribadi dia, dengan uang dia sendiri, dan sebenernya dia gak punya kewajiban sama sekali untuk beliin kamu apapun. Jadi walaupun kamu cuma dikasih asbak sama dia, kenyataan bahwa dia udah beliin kamu sesuatu dari luar negeri sudah lebih dari cukup alasan supaya kamu berterima kasih. Masa soal terima kasih aja masih harus diajarin sih? Kamu lulus TK kan?

Nah demikianlah. Mudah-mudahan dengan adanya panduan ini, berikut-berikutnya kamu bisa nitip barang ke temen kamu dengan lebih bijaksana. Kalo gini kan semua sama-sama enak. Azik!