Cara Menghindari Orang yang Ketemu Tiba-Tiba

Ceritanya kamu lagi jalan-jalan nih sama pacar kamu (Ceritanya aja. MBDC tau kamu gak punya pacar). Hari yang cerah, sejuk dan menyenangkan. Kamu sama pacar kamu lagi menikmati jalan-jalan itu. Saling bercanda tawa bersenda gurau berbagi kasih. Pokoknya cihuy deh.

Terus tiba-tiba, di ujung jalan kamu melihat seseorang yang paling kamu males untuk ketemu sedunia. Entah itu mantan kamu, bos kamu, temen lama kamu yang super garing, atau si musuh bebuyutan yang siap merusak hari sempurna kamu.

Beruntung, kamu ngeliat dia duluan, dan dia belum liat kamu. Kamu punya beberapa detik untuk memutuskan, apa yang bisa kamu lakukan biar gak usah sapa-sapaan sama orang itu. Supaya nanti kamu siap pas hal kayak gitu beneran kejadian, kita kasi tau nih, apa yang bisa kamu lakuin.

1. Ngumpet

Semua manusia lahir dengan insting "fight or flight", dimana ketika dihadapi situasi yg konfrontasional, kamu bisa memilih mau menghadapi, atau kabur aja. Nah kalo kamu milih untuk "fight" berarti kamu musti siapin basa-basi sama orang itu dong. Ih males banget kan. Mending kamu kabur aja, dan ngumpet.

Cepat amati keadaan sekitar kamu, apakah ada ruangan atau tembok yang bisa kamu masukin untuk ngumpet. Kalo nggak ada, kamu harus kreatif. Gunakan pengalaman kamu sebagai generasi yang pernah main petak umpet untuk mencari tempat-tempat untuk bersembunyi.

2. Gunakan HP

Dulu fungsi HP cuma buat nelpon sama sms doang. Sekarang fitur-fitur HP makin canggih, bisa buat kamera, internetan, buat nge-game, organizer, dan juga untuk menyelamatkan kamu dari momen-momen awkward dalam kehidupan.

Ketika kamu melihat si orang malesin itu, langsung keluarin HP dan pura-pura asik lagi ngotak-ngatik, ngirim sms/email/IM atau main game. Konsen terus kepada HP kamu, dan alihkan pandangan. Pas dia lewat, punggungin aja. Atau kamu juga bisa pake app "Fake Call" yang udah bertebaran, jadi kamu bisa pura-pura lagi nelpon dan nggak perlu nyapa orang itu.

3. Puter Balik 

Ubah langsung arah tujuan kamu! Dengan begini, kamu gak mesti papasan sama si orang yang malesin itu, dan tentunya kamu nggak harus basa-basi sama dia. Pas keadaan udah aman, baru deh kamu balik ke tujuan awal kamu.

4. Pura-Pura Ngobrol

Atau ngobrol beneran aja sama orang sebelah kamu, yang dalam kasus ini adalah pacar kamu. Buat pembicaraan seseru mungkin, sehingga kesannya kamu gak meratiin keadaan sekitar kamu. Dan jaga pandangan kamu, jangan sampai bikin eye contact sama si malesin.

Kalo misalnya dia nyapa atau manggil kamu, cuekin aja. Kan ceritanya kamu lagi asik ngobrol. Gak sopan amat sih dia, orang lagi ngobrol main nyamber-nyamber aja.

5. Pake Bom Asap Ninja

Sebelum dia ngeliat kamu, lemparkan bom asap seperti ninja! Dia gak akan bisa nyapa kalo dia gak bisa ngeliat kamu. Ketika si orang malesin itu lagi bingung ditengah-tengah asap, gunakan kesempatan itu untuk kabur. Atau kalo misalnya kamu dendaman, atau kelewat iseng, itu juga bisa jadi kesempatan buat mempermalukan dia, misalnya kamu pelorotin celananya, atau iket kedua tali sepatunya.

Tehnik ini adalah salah satu tehnik dasar per-ninja-an yang mudah dipelajari dan dipraktekan. Asalkan kamu mau belajar dan rajin berlatih, pasti bisa!

Nah, cukup jelas kan cara-cara menghindari kalo tiba-tiba ketemu sama orang yang malesin. Kalo kamu punya trik-trik yang nggak kalah canggihnya, ayo di share juga.