7 Orang Paling Menyebalkan Selama Liburan

Liburan artinya saatnya senang-senang, gak mikirin kerjaan atau kuliah, gak mikirin orang tua yang tukang ngomel atau pacar yang posesif. Pokoknya BEBAS! Tapi, selalu ada aja orang yang dihadirkan untuk merusak kegiatan senang-senang kita ini. Buat kamu yang mau siap-siap liburan, siap-siap juga ketemu orang-orang macam ini!

1. Si Banci Foto

Jaman social media bikin orang makin mudah pamer sana-sini lewat Twitter atau Instagram. Semua momen pas liburan bisa diabadikan dan langsung dishare ke khalayak ramai! Emang sih, lagi jalan kaki di Paris atau mau naik pesawat pas di Bangkok jadi keren banget kalau fotonya diposting di Instagram, sekaligus bikin iri follower-follower Twitter. Problemnya, para orang yang banci foto ini pas lagi liburan bawaannya pengen berhenti dan foto di segala situasi. Kalau foto di depan toko oleh-oleh gak penting aja bisa 10 pose sendiri, gimana kalau foto beneran di depan Eiffel?

2. Si Tukang Komplain

Liburan bareng teman-teman emang seru, apalagi kalau bisa liburan berbujet murah. Masalahnya, kadang ada satu atau dua teman kamu yang hobinya komplain. Namanya juga liburan hemat, masa dikit-dikit ngeluh, misalnya karena kamar hostelnya sempit, atau gak dapat makanan di pesawat? Daripada kamu ikutan bete atau stres, mending orang kayak gini usah didengerin atau gak usah diajak liburan bareng aja sekalian.

3. Si Takut-Sama-Semuanya

Liburan saatnya menikmati petualangan baru! Nyoba bungee jumping di Bali, snorkling di Derawan atau Singapore Sling di Singapura bisa jadi agenda memacu adrenalin yang ditunggu. Nah, pas kamu udah kebayang deg-degannya kaya apa, eh ternyata partner liburan kamu langsung komen “Ih, serem banget. Gue gak ikut deh!” Terus kamu pengen coba makanan lokal yang agak ajaib, dia nolak lagi “Aduh, kotor kayanya piringnya, makan McD aja yuk!”. Males banget pergi bareng orang yang takut sama semua hal baru. Jangan-jangan dia takut jalan kaki juga.

4. Si Udah Pernah Semuanya

Kalau lagi liburan, terkadang kamu suka gak sengaja ketemu orang lain yang juga lagi liburan. Karena kamu gak bisa memilih siapa yang akan kamu temui dalam liburan kamu, maka mau tidak mau terkadang kamu akan bertemu dengan orang yang jam terbang travelling-nya udah jauh lebih tinggi dibanding kamu. Orang tipe ini bisa sangat membantu ketika kamu nanya jalan atau saran kegiatan seru, atau mungkin tips-tips penting. Tapi, orang tipe ini bisa jadi menyebalkan kalau situasinya berubah jadi seperti ini:

Kamu: Mas, kalau mau ke Pantai Padang-Padang berapa jam yah?

Si Mas: Wah, itu dekat sekali dari hotel. Bagus sekali lho tempatnya, masih bersih gak kaya Kuta. Memang sih, gak sekeren Pantai Pink di Pulau Komodo. Waktu saya ke Pantai Pink bagus sekali, bersihnya sama kaya tempat diving saya di Wakatobi. Tapi boleh lah, Padang-Padang itu lokasi syuting filmnya Julia Roberts kan? Keren lho itu, bisa buat berenang pantainya!

Sementara kamu baru aja mulai travelling tahun kemarin. Itu juga minjem duit mama. Rasanya pasti agak malu-malu gimana gitu, trus pengen menjauh.

5. Si Bule yang lebih tahu Indonesia daripada Orang Indonesia

Bukan rahasia lagi kalau banyak bule yang tergila-gila sama Indonesia. Mau bule yang nginep di hotel berbintang atau bule kere di Jalan Jaksa dan sekitar poppies. Tapi sebagai orang Indonesia asli, terkadang cukup menyebalkan sih kalau bule-bule ini lebih paham soal wisata di Indonesia dibanding kita yang orang lokal. Kadang-kadang mereka bahkan bisa kasih tips hemat yang khusus dia buat untuk orang Indonesia. Nanti kalau ada orang bule lain yang nanya ke dia, pasti dikasih tips yang lain lagi. Makin ngeselin kalau ternyata ujungnya ditambahin kata-kata kayak gini:

“Kalian biasanya lazy ya lihat-lihat museum lukisan yang expensive, so after  go to the beach langsung aja belanja suvenir di pasar Kuta. Harganya cocok kok buat student seperti you ini. So cheap!”

6. Tour Guide

Kalau kamu ikut tur, orang yang satu ini gak bisa dihindari juga keberadaannya. Dia selalu jadi orang yang serba tahu dan memiliki kekuasaan penuh atas jalannya liburan kamu. Dia menentukan kamu mau bakal makan apa, tidur dimana, dan mau kemana. Kamu gak bisa berbuat apapun selain nurut sama dia. Trus kenapa mereka menyebalkan? Soalnya mereka jalan-jalan trus malah dapet duit. Sementara kamu harus membuang uang yang udah kamu tabung setahun penuh. Siapa suruh waktu SD dulu ditanya cita-citanya apa gak bilang mau jadi tour guide.

7. Si Kaya Setengah Mati

Jadi katakanlah kamu sudah menabung setahun penuh untuk liburan kali ini. Dengan susah payah kamu pun pergi liburan. Eh, tanpa dinyana kamu bertemu dengan seorang traveller lain. Tapi beda dengan kamu yang nginep di hostel, dia nginep di sebuah hotel yang berbintang 5 di pusat kota. Dan kalo kamu cuma liburan 5 hari karena keterbatasan dana, dia bilang kalo dia bakal liburan selama sebulan dan setelah dari tempat ini, dia bakal lanjut tur ke Afrika, Eropa, dan kemudian Amerika. Kenapa? Ya gak papa. Abis sumpek aja di Jakarta. Saran MBDC sih tanya aja kerjaannya apa. Siapa tau dia koruptor. Laporin aja ke KPK.

Gitu deh. Apa orang yang paling menyebalkan saat liburan menurut kamu? Silakan dishare lho.