One Hit Wonder, Kemana Perginya?

Jaman sekarang, kita terbiasa dengan fenomena band RBT yang ngeluarin satu single yang suksesnya bukan kepalang, didownload berjuta-juta orang buat dijadiin RBT, overplayed di seluruh penjuru Indonesia, namun kemudian band/musisi bersangkutan lenyap begitu saja tanpa kedengeran lagi kabarnya. Digantikan dengan band RBT lain yang tiba-tiba muncul bagaikan panu di pipimu, lantas tiba-tiba hilang meskipun tidak diolesi Kalpanax.

Nah, sebelum era RBT, fenomena itu nggak dikenal sama sekali. Yang ada, fenomena band-band atau musisi one hit wonder. Nggak seperti band-band RBT jaman sekarang, mereka gak fokus bikin lagu yang bernada catchy sepanjang 30 detik supaya bisa dijadiin RBT. Mereka bikin lagu ya karena mau bikin lagu aja, pengen mengekspresikan diri dan mencurahkan rasa seni, pengen tampil, atau ya supaya eksis aja barangkali. Lagu mereka itu pun somehow jadi tenar dan diputar dimana-mana, meski akhirnya setelah itu mereka lenyap dari dunia permusikan. MBDC pun akhirnya berandai-andai (sekalian nostalgia), sekarang mereka pada kemana ya…

Singiku – Kebebasan

Muncul sekitar pertengahan tahun 90-an, Singiku terdiri dari tiga cowok berpenampilan nerdy. Video klipnya ngehit banget waktu itu. Menampilkan Andhara Early yang pake kacamata tebal, berbehel dan jerawatan.

Ke mana mereka sekarang?

Entahlah ada di mana ketiga cowok nerdy itu sekarang. Tapi MBDC nggak akan pernah lupa sepak terjang lumayan terkini dari cewek berkacamata tebal, berbehel dan jerawatan yang ada di video klip Singiku itu.

Jingga – Tentang Aku

Lagu Tentang Aku bisa dibilang adalah salah satu anthem tahun 90-an. Meski pun sempat tenar banget dan nggak habis-habis diputar oleh stasiun-stasiun radio, duo Fe dan Therry ini nggak kedengeran lagi setelahnya :(

Ke mana mereka sekarang?

Gosipnya sih mereka sibuk menekuni dunia belakang layar (entah layar apa, mungkin kapal layar). Tapi lagu Tentang Aku kemudian di-cover ulang oleh beberapa musisi, di antaranya Andien dan Apeontheroof.

Harapan Jaya – Kuliah Pagi

Lagu Kuliah Pagi dari Harapan Jaya ini bercerita tentang betapa susahnya bangun pagi untuk kuliah. Untunglah tokoh dalam lagu ini punya pacar bernama Nani yang selalu mengingatkan dirinya untuk kuliah pagi. Oooo…. Nani!

Ke mana mereka sekarang?

Yang paling terkenal sih beliau yang di atas ini ya. Meski nggak nyanyi lagi, dirinya malah tenar jadi presenter dan pemain film. Sampai main film AADC yang legendaris itu segala. Anggota band lainnya berkarier di bidang yang berbeda-beda, konon salah satunya ada yang jadi dosen ITB. Pasti karena rajin kuliah pagi.

Air – Bintang

Bintang di langit… kerlip engkau di sana… boong banget kalau ada yang bilang gak tahu lagu ini. Grup band Air ini diusung oleh Bengbeng yang juga gitarisnya PAS band, dan adik perempuannya yang namanya… MBDC lupa.

Ke mana mereka sekarang?

Tahun 2008 kemarin sih Bengbeng berikut PAS band-nya masih ngeluarin album. Nah kenapa si Air nggak kedengeran lagi, kami gak tau. Semoga saja bukan gara-gara kakak-adik ini berantem dan ngambek-ngambekan.

Arwana – Kunanti

Anthem galau pada jamannya. Lagu sejuta umat yang diputar di mana-mana.

Ke mana mereka sekarang?

Sang pemain biola masih sering terlihat wara-wiri main biola di acara-acara pagelaran music live di televisi. Sisanya nggak ada kabarnya.

Sweet Martabak – Tididit

Lagu ini adalah lagu yang mengingatkan kawula muda bahwa sungguh lah sangat pathetic di masa itu kalau kamu nggak punya pager yang bunyinya tidit tidit.

Ke mana mereka sekarang?

Mungkin sudah sibuk membuka warung martabak, atau mungkin pindah haluan jadi jualan smartphone?

9 Matahari – Puisi No. 12

Sempat juga menjadi lagu kesayangan para pengamen di bis-bis. Sampai kini pun kami belum paham apa yang terjadi dengan puisi no. 1-11. Pokoknya yang tenar ya yang nomor 12 ini.

Ke mana mereka sekarang?

Kami juga kurang paham. Mungkin lanjut membuat puisi no. 13 sampai tak terhingga.

BBB – Let’s Dance Together

Mereka ini itungannya one hit wonder bukan ya? Sempat sih ngeluarin beberapa single. Tapi setelah itu nggak ngerti lagi deh gimana kelanjutan grup band besutan Melly Goeslaw ini.

Ke mana mereka sekarang?

Sebagian masih beredar di layar kaca kamu. Meski nggak pada ngelanjutin karier nyanyinya lagi. Eh, bener kan? Mereka nggak ada yang mau nyanyi lagi kan? Ah, semoga saja demikian adanya, ya!