6 Tipe Kolega di Kantor

Ketika memasuki dunia pekerjaan, kamu seperti dicemplungin ke karung kucing: kamu gak tau siapa kolega atau rekan kerja yang akan kamu dapatkan. Eh, bener kan perumpamaannya kayak gitu? Nah, dalam dunia pekerjaan ini, kamu akan menemui berbagai jenis kolega yang unik. Nah, dengan mengasumsikan kamu adalah pekerja biasa aja, berikut adalah 6 tipe kolega yang akan sering kamu jumpai di kantor.

Si Pekerja Keras

Ini adalah kolega kamu yang akan membuat kamu merasa malu sama diri kamu sendiri dan seperti tidak berguna sebagai makhluk hidup. Dia selalu datang paling pagi, bekerja keras seharian, gak pulang sebelum pekerjaan selesai, dan ternyata dia juga masih punya side job yand dikerjakan di rumah dan saat weekend. Tipe manusia sukses sejati.

Si Penjilat

Si penjilat adalah tipe orang yang kerjaannya sebenernya biasa aja, tapi jago ngomong dan suka ngedeketin plus ngejilat boss kamu. Bukan ngejilat beneran ya, itu sih jijik banget. Kamu tau dong artinya istilah menjilat apa? Kalo kamu sampe gak tahu, mungkin kamu masih SD dan sebaiknya kamu gak baca MBDC. Nah, si penjilat ini biasanya karirnya akan melesat dengan cepat, karena dekat sama boss-boss. Biasanya sih orangnya kurang menyenangkan.

Si Ibunya Anak-anak

Ini adalah kolega favorit anak-anak sekantor. Biasanya karena dia suka bawa makanan dan sifatnya yang mengayomi. Biasanya kalo mau pesen makanan rame-rame, dia yang inisiatif nyatetin pesenan anak-anak kantor. Kalo ada yang ulang tahun, dia yang beliin kue dan dia yang inisiatif motongin kuenya untuk anak-anak kantor. Pokoknya, biasanya sekantor bakal ketergantungan sama dia deh.

Si Gabut

Si gabut (gaji buta) adalah orang yang kerjaannya paling gak bener, males-malesan, tapi paling duluan ngomel kalo gajian rada telat. Paling males deh pokoknya kalo harus kerja bareng sama Si Gabut, karena biasanya kerjanya lambat dan bikin apa-apa jadi lama.

Si Tukang Korup

Korupsi itu gak mesti korupsi duit loh. Korupsi itu bisa aja korup jam kantor, menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi, dan sebagainya. Nah, si Tukang Korup ini adalah orang yang sering melakukan hal-hal ini, biasanya dengan melakukan pembenaran terhadap perbuatannya. Pembenarannya biasanya seputar,

"Ah, kantor kan gak bakal rugi kalo gue pake printernya"

atau

"Ah, kantor aja gak ngegaji gue dengan layak. Gue reimburse aja nih sunglass 3 juta gue."

Apapun pembenarannya, korup tetep korup sih.

Si Banyak Side Job

Beda sama si Pekerja Keras, si Banyak Side Job adalah tipe kolega kamu yang side jobnya buanyak banget dan dia lebih mengutamakan side job-side jobnya ini. Tentunya ini membuat pekerjaan kantor jadi terhambat, tapi biasanya si banyak side job ini gak akan peduli karena dia merasa side jobnya lebih penting.

Yang paling parah, biasanya Si Banyak Side Job ini juga adalah Si Tukang Korup dan Si Gabut sekaligus. Karena side jobnya banyak, jadi "terpaksa" dia mengerjakan pekerjaannya di kantor, menggunakan fasilitas dan jam kantor sambil tetap melakukan pembenaran ("side job gue lebih penting"), dan pastinya mengabaikan pekerjaan utamanya. Tapi kalo sampe gajian kantor telat, dia bakal yang pertama ngomel. Ini tai banget sih. Mending suruh resign trus bertani.

Nah, demikianlah tipe kolega kantor menurut MBDC. Ada yang ketinggalan? Silakan dishare di comments.