Cara Menjadi Gelandangan Modern yang Profesional

Jumpa lagi di #TanyaJawabMBDC, tempatnya kamu bisa bertanya segala hal, mulai dari hal yang mengganggu hidup kamu sampai bertanya tentang tips apapun, karena kamu pasti tahu bahwa MBDC itu tahu segalanya! Hari ini, pertanyaan datang dari @whayya:

Wah, ini pertanyaan yang bagus sekali. Menjadi gelandangan memang impian banyak orang karena sifatnya yang bebas, tidak terkekang institusi, serta gosipnya bisa menghasilkan banyak uang. Tapi terkadang menjadi gelandangan memang dipandang sebelah mata oleh banyak orang, apalagi oleh calon mertua kamu. Di sini MBDC mengerti kenapa kamu ingin menjadi gelandangan modern yang profesional.

Modern berarti mengikuti perkembangan jaman. Profesional berarti pekerjaan tersebut adalah pekerjaan utama kamu yang membutuhkan skill yang spesifik serta bayaran yang tentunya sesuai. Nah, berangkat dari dua hal ini, maka kita bisa menyusun hal-hal yang kamu butuhkan untuk menjadi gelandangan modern yang profesional.

1. Gunakan Baju yang Keren

Gelandangan selama ini selalu identik dengan baju yang dekil dan bikin orang gak nyaman. Itu adalah ciri gelandangan kuno dan tentunya tidak modern. Nah, ini bisa kamu rubah dengan menggunakan baju yang keren, seperti contoh yang kita kasih di atas. Ini merupakan salah satu modal utama kamu untuk menjadi gelandangan modern.

2. Tunjukkan Skill yang Gak Berguna Tapi Modern

Sebagian besar gelandangan suka menunjukkan skill yang tidak berguna, seperti misalnya tepuk tangan, kecrek-kecrek, atau mungkin langsung minta aja tanpa basa-basi. Itu juga tidak modern. Gelandangan modern harus mampu menunjukkan sebuah skill yang semua orang bisa, tidak berguna, tapi tentunya modern. Kamu mungkin bisa coba dengan menunjukkan kemampuan kamu bermain Angry Birds di iPad dan nyuruh orang bayar untuk itu. iPad mahal? Semua pekerjaan itu butuh modal. Itu ciri orang profesional.

3. Buat Sistem Pembayaran Baru

Pembayaran dengan uang cash itu memang terkadang merepotkan orang. Makanya banyak orang yang suka menolak memberi uang pada gelandangan dengan alasan gak ada uang receh. Nah, itu harus berubah sekarang! Siapkan sistem pembayaran dengan metode debit, credit card, dan mungkin model-model Flazz dari BCA atau E-Toll Card-nya Mandiri. Dan siapa bilang kamu minta uang receh. Kamu harus minta bayaran mahal lah. Dia udah nonton kamu main Angry Birds gitu. Itu namanya profesional.

4. Tentukan Jam Kerja

Seseorang yang profesional harus menentukan jam kerja. Jangan mau kerja 15 jam dibayar sama aja. Itu namanya mental buruh. Kamu harus menentukan bahwa setiap hari kerja itu 8 jam aja. Kalau kamu sampe kerja lebih dari 8 jam, maka orang yang menonton kamu di jalan harus bayar ekstra. Profesional banget!

Nah demikianlah. Semoga setelah ini kamu bisa jadi gelandangan modern yang profesional, serta diterima semua kalangan!