Nominasi Peristiwa Malesbanget 2011

Udah pada voting buat Pemilihan Tokoh Malesbanget 2011, kan? Nah kita punya satu kategori lagi nih untuk menghargai segala rupa peristiwa-peristiwa malesbanget yang sudah melanda kita di tahun 2011 ini.

1. Absennya Film Hollywood di Bioskop Indonesia

Gontok-gontokan antara pihak Departemen Pajak dengan distributor film asing di Indonesia berhembus pertama kali ke media di bulan Februari 2011. Ujung-ujungnya, film-film Hollywood dari studio-studio besar sempat nggak tayang berbulan-bulan. Miris. Di masa-masa suram itu banyak di antara kita yang saking desperate-nya sampe bela-belain terbang ke Singapura segala cuma buat nonton bioskop. Nah yang gak punya duit? Nangis bombay sambil ngabisin bandwidth di rumah, kantor, dan di mana saja.

2. Ribut-ribut Soal Komodo

Komodo itu sebenernya binatang yang santai karena rajin mangkal di pantai. Saking santainya, Si Komo ini kerap menimbulkan kemacetan ketika lewat. (Coba nanti di tahun 2012 jangan ada yang pake joke basi ini lagi ya?). Sayangnya, kesantaian si Komo itu tidak menginspirasi para pendukungnya di tahun 2011. Berawal dari Menbudpar kita Pak Jero Wacik yang sepakat memasukan si Komo dalam daftar nominasi New7Wonders. Ujung-ujungnya Pak Jero keki sendiri karena perusahaan New7Wonders itu agak absurd dan malah minta duit milyaran buat nyelenggarain acara penobatannya di Indonesia. Opini publik pun terbelah, antara yang koar-koar protes kalo New7Wonder itu perusahaan bangkrut dan kita gak usah berpartisipasi, dan yang masih rajin voting SMS komodo setiap hari sambil ngomel-ngomel bilang kalo gak voting itu gak nasionalis. Lah trus si komodonya gimana? Masih tetap santai di pantai dan selaw di pulaw.

3. Aksi Gigit Bahu Atlet Pencak Silat

Peristiwa ini jadi rame setelah klip YouTube pertandingan antara atlet Thailand Anothai Chopeeng dan atlet silat Indonesia Dian Kristanto beredar luas di kalangan jagad perinternetan. Setelah dikecam banyak pihak, Dian pun memberikan pembelaan, katanya kakinya cedera, jadi dia harus melakukan manuver-manuver yang bisa menyelamatkan dirinya. Oh okelah, jadi kaki situ cedera, kita sih mendoakan supaya kaki Dian pasca pertandingan segera sembuh. Tapi sesungguhnya kita gak yakin juga sih kaki cedera itu bisa jadi alasan buat bermain absurd dan dicap curang oleh banyak negara. Lalu gigit bahu? Plis deh. Sungguh tidak orisinil karena aksi gigit-menggigit lawan ini sudah terlebih dahulu dipopulerkan oleh Mike Tyson dalam pertandingannya dengan Evander Holyfield di tahun 1997

4. David Foster Main Piano di Dahsyat

Peristiwa ini jadi nominasi bukan karena kami beranggapan penonton Dahsyat gak berhak menikmati musik-musiknya David Foster loh ya? Bukan, bukan banget. Musik itu untuk dinikmati siapa saja, teman. Tapi, peristiwa ini, terutama pas segmen David Foster ngiringin Bos MNC nyanyi, bikin kita tercenung dan berkontemplasi lama banget. Duit memang bisa membeli segalanya, teman. SEGALANYA. Siapa yang peduli kalau suara kamu sedikit sumbang? Siapa?? Yah, kita yang nonton cukup peduli sih, tapi terus kita bisa apa? Bos MNC punya duit bermilyar-milyar dan bisa milih untuk gak masang iklan sementara dia nyanyi gak abis-abis di layar kaca, sementara kita? Gaji telat dua hari aja galaunya berkepanjangan. Sedih.

5. Gorong-gorong Sudirman

Proyek galian gorong-gorong di Jl. Sudirman yang nyaris bertepatan dengan SEA Games ini emang ganggu total buat orang Jakarta. Eh tapi ternyata gak cuma buat orang Jakarta doang, yang di luar Jakarta konon jadi terganggu karena lini masa twitter mereka penuh dengan orang Jakarta yang ngamuk-ngamuk dan misuh-misuh akibat ni gorong-gorong. Bikin males! Ya abis gimana dong, kamu bayangin aja Jl. Sudirman yang emang pada dasarnya udah macet itu, trus dimakan ¼ badan jalannya sama galian gorong-gorong  yang dilakukan bertepatan dengan musim hujan. Nah, pas Sea Games dateng tu gorong-gorong akhirnya ditutup sementara, tapi kemudian dibuka lagi pas perhelatannya kelar. Argh! Jenius banget emang Pemda DKI.

6. Graffiti vs Gravity

Kedua hal itu tentunya berbeda dong ya? Yang satu berhubungan sama Banksy dan yang satu lagi dipeloporin oleh Isaac Newton. Nah, masalahnya, ada sebuah brand ponsel ternama yang kayaknya gak paham perbedaan keduanya dan bikin tantangan “gravity” buat iklan salah satu prodak terbarunya. Apesnya, tantangan “gravity” itu mereka jalanin dengan cara niban hasil karya kolaborasi graffiti artists Indonesia dan luar negeri yang baru 4 hari dibikin! 4 hari, jo! Udah ditiban gitu aja gak pake ba bi bu. Trus komunitas graffiti jadi sebel deh sama brand ponsel itu. Terakhir denger sih brand ponsel ternama itu minta maaf dan mau bikin kompensasi, tapi bentuknya gimana kita belon denger lagi tuh.

7. Peluncuran Album Keempat SBY

Nggak kalah banget sama Agmon. Pasca karier artis ciliknya, Agmon udah ngerilis 3 album + 1 album kompilasi. SBY? 4 album semuanya materi orisinal, jo. Keren banget. MBDC juga sempet bikin beberapa hal yang MBDC harapkan dari album baru SBY tersebut. Tapi jujur, MBDC agak kecewa karena Pak SBY gak dateng di acara pesta peluncuran albumnya yang dilangsungin di TIM. Gimana sih, Pak? Luncur album kok ga ada meet & greet? EO-nya sapa sih nih? Ck ck ck…

8. Anggota DPR Lupa Alamat E-mail

Peristiwa ini membuktikan bahwa syaraf-syaraf geli dan miris bangsa Indonesia belum juga tumpul meskipun sudah berkali-kali diterpa berita-berita geli-geli miris yang datangnya dari DPR. Masih tetep berasa geli-geli miris, sekaligus males banget, waktu baca berita dan nonton klip anggota DPR komisi 8 yang lagi studi banding (baca: jalan-jalan) ke Australia, kalang kabut dan mengaku lupa pas ditanya alamat e-mail resmi komisi 8. Kasian banget sih Pak, Bu. Kebanyakan bergaul sama Bu Nunun nih, jangan-jangan…

Yang bikin kita lebih males lagi adalah pas tau kalo ternyata anggaran DPR buat IT tu sampe bermilyar-milyar!! Yak, hal ini membuat kita semakin yakin kalau DPR Indonesia itu sebenernya nggak hidup di dunia yang sama dengan kita! Mungkin mereka hidup di sebuah la la land antah berantah di mana anggaran milyaran bahkan nggak cukup buat bikin email.

Yak itulah nominasi peristiwa malesbanget yang bisa kita rangkum sepanjang tahun 2011 ini. Silakan dipilih ya, ada hadiah loh buat yang milih! Sama seperti Nominasi Tokoh Malesbanget 2011 kemarin, kamu harus ikutan polling + memberikan alasan di kolom comment kenapa kamu memilih peristiwa tersebut.

Yuk ah!

Menurut Aku, Peristiwa Malesbanget 2011 Adalah...

  • Absennya Film Hollywood di Bioskop Indonesia
  • Ribut-ribut Soal Komodo
  • Aksi Gigit Kuping Atlet Pencak Silat
  • David Foster Main Piano di Dahsyat
  • Gorong-gorong Sudirman
  • Graffiti vs Gravity
  • Peluncuran Album Keempat SBY
  • Anggota DPR Lupa Alamat E-mail

See Results