Cara Maksimal Menikmati Nasi Padang yang Dibungkus

Makan nasi padang dibungkus memang memiliki kenikmatan tersendiri: Selain nasinya lebih banyak, nasi padang yang dibungkus membuat bumbu-bumbu masakan padang lebih meresap ke nasi dan demikian membuat rasa makanan tersebut lebih enak.

Nah, tapi bagaimana cara maksimal menikmati nasi padang yang dibungkus? Kalo kamu sampe salah, bisa-bisa pengalaman kamu kurang maksimal loh! Maka dari itu, ada baiknya kamu baca dulu tutorial ini!

1. Membuka Bungkus Nasi Padang

Kamu pasti berpikir, buka ya buka aja, ribet amat. Salah! Ketidakpahaman membuka bungkus nasi padang secara benar bisa berakibat nasi padang kamu berceceran dan tidak sedap dipandang. Oleh karena itu, pastikan kamu mengikuti poin-poin berikut.

Langkah 1: Letakkan Bungkus Nasi Padang di Atas Piring

Tujuannya agar minyak dari kuah nasi padang tidak merembes ke meja kamu. Kan geli.

Langkah 2: Berdirikan Posisi Bungkusan

Ini adalah posisi penting dalam membuka bungkus nasi padang, karena ini adalah "puncak" dari nasi padang tersebut.

Langkah 3: Buka Karet

Cara mudahnya sih tarik aja ke samping, lalu ke bawah. Nah, kalau sudah, harusnya sekarang bungkus Nasi Padang kamu siap dibuka.

Langkah 4: Buka Bungkus Nasi Padang Sesuai Lipatan

Uda-uda penjual nasi padang itu membungkus nasi mereka dengan aturan khusus. Nah, saat membuka bungkusan, pastikan kamu tidak geratakan dan dengan hati-hati membuka bungkusan nasi tersebut, mengikuti alur lipatannya.

Langkah 5: Biarkan Nasi Jatuh Perlahan Secara Menyamping. 

Ingat, harus pelan-pelan. Kalau terlalu cepat, nanti banyak nasi yang bercecer. Nah, kalau sudah begini, Nasi Padang kamu sudah siap dinikmati.

2. Menikmati Nasi Padang

Banyak orang bilang bahwa kalau kamu mau menikmati nasi padang secara maksimal, kamu harus makan pakai tangan langsung, bukan pakai sendok. MBDC cukup setuju, karena memang sensasi nasi dan kuah gulai menempel di tangan itu tiada duanya. Namun bagaimanapun, ada beberapa menu masakan padang yang gak papa juga jika dinikmati pakai sendok, seperti misalnya:

  1. Rendang
  2. Kikil
  3. Daging cincang

Tapi, kalau menu yang kamu pilih adalah ayam atau ikan, maka haram hukumnya menggunakan sendok! Kamu harus pakai tangan! Berikut adalah langkah-langkah menikmati nasi padang kamu.

Langkah 1: Naikkan Satu Kaki Kamu ke Kursi.

Ini penting untuk perasaan merakyat dan kenikmatan pribadi. Jangan tanya alasannya kenapa. MBDC juga gak tahu.

Langkah 2: 'Ratakan' Nasi Padang Kamu

Nasi padang kamu sebelumnya posisinya pasti masih terlalu "lonjong". Buatlah nasi padang kamu jadi bentuk normal yang biasa dimakan manusia.

Langkah 3: Santap!

Langsung aja makan!!

Nah, demikianlah tutorial dari MBDC. Mudah-mudahan, setelah ini kamu bisa menikmati nasi padang bungkusan kamu secara maksimal ya. Selamat makan siang!