5 Opening Tokusatsu Paling Berkesan di Era 90an

Beberapa waktu yang lalu kita merilis artikel tentang opening film kartun yang paling berkesan.

Saat itu ada cukup banyak yang bertanya, "Kok Ksatria Baja Hitam gak masuk list sih?". Ya jelas nggak dong. Ksatria Baja Hitam itu bukan kartun, melainkan Tokusatsu! Hah, apa itu Tokusatsu?!?!?

Jadi Tokusatsu itu gampangnya adalah Japanese Live Action movie gitu deh. Ya pokoknya macem-macemnya Ksatria Baja Hitam gitu. Anak-anak yang lahir sekitar tahun 80an dan besar di tahun 90an pasti sedikit banyak pernah menonton tokusatsu. Jaman dulu, untuk nonton beginian harus sewa video Betamax atau nunggu diputer di RCTI dan Indosiar.

Nah, hari ini untuk mengenang tokusatsu-tokusatsu tersebut, MBDC membuat list 5 opening tokusatsu yang paling berkesan!

5. Winspector

Winspector ini kalo gak salah diputernya dulu di Indosiar. Ceritanya tentang polisi masa depan bernama Ryoma Kagawa yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi Special Rescue Police Winspector! Jadi kayak Iron Man gitu deh. Nah, si Ryoma ini ditemani oleh dua robot polisi lain yang bernama Bycle dan Walter. Dua-duanya memiliki gerakan aneh yang sungguh tidak sangar dan kalo kamu penjahat, kamu pasti gak takut. Tapi bagaimanapun juga, openingnya sungguhlah memorable! Mayday Mayday S.O.S.!!!

4. Jiban

Jiban ini juga kalo gak salah diputer di Indosiar dulu. Ya, sebelum Indosiar berubah jadi stasiun TV yang muter sinetron silat gak jelas dan mamamia 100 juta jam, mereka adalah stasiun TV surga bagi para anak-anak pada masa itu, karena mereka banyak muter film-film seri yang keren! Nah, Jiban ini sering disebut sebagai Robocop Jepang. Lebih tepatnya sih Robocop campur Judge Dredd gitu deh, karena sebelum lawan penjahat, biasanya si Jiban ini bakal bacain pasal-pasal pelanggaran si musuh dulu gitu. Ribet deh pokoknya.

3. Goggle V

Sejujurnya MBDC gak inget sih Goggle V ini pernah ditayangin di TV lokal apa nggak. Yang jelas, Goggle V ini dulu merupakan primadona di tempat penyewaan kaset Betamax. Yes, sebelum jaman beli DVD bajakan atau bahkan donlod, ada masanya dimana manusia harus nyewa kaset Betamax. Goggle V ini kayak Power Rangers gitu deh, pasukan warna-warni gitu. Kalo kamu belom pernah liat Goggle V, langsung liat video openingnya di atas. Lagunya dijamin bikin kamu semangat abis!!

2. Kamen Rider Black RX / Ksatria Baja Hitam RX

Kamen Rider Rider Black RX atau lebih dikenal di Indonesia dengan nama Ksatria Baja Hitam RX adalah seri kedua Kamen Rider Black yang memakai tokoh utama Kotaro Minami. Jadi ceritanya si Kotaro Minami ini populer banget gitu deh. Nah, kalo MBDC gak salah inget, di tengah-tengah pemutaran KBH RX ini, tiba-tiba ada peraturan yang mengharuskan semua show yang diputer di TV Indonesia itu didubbing. Jadilah tiba-tiba ada lagu opening KBH RX yang didubbing dalam bahasa Indonesia. Hasilnya bisa kamu lihat di atas. MBDC gak tahu siapa yang nyanyi versi bahasa Indonesia lagu ini, yang jelas suaranya kayak guru PPKn gitu deh. Dia nyebut RX "Errr Eggg".

1. Kamen Rider Black / Ksatria Baja Hitam

Ini dia opening tokusatsu paling legendaris sepanjang masa. Kayaknya gak ada yang gak tahu opening yang satu ini deh. Di Jepang sendiri, Kamen Rider Black adalah legenda karena ini pertama kalinya seri Kamen Rider itu sangat populer sampai-sampai pemeran utamanya, Kotaro Minami (Tetsuo Kurata), dipakai di dua seri yang berbeda. Di Indonesia sendiri, nama Ksatria Baja Hitam sendiri ini sudah menjadi semacam majas metonimia gitu deh. Pokoknya apa-apa yang bentuknya tokusatsu pasti sama mama kamu dibilangnya Ksatria Baja Hitam. Legendaris abis!

Sebenernya melihat opening-opening tokusatsu tersebut cukup membuat MBDC sedih sih. Kebanyakan tokusatsu yang kamu lihat di atas itu kan produksi tahun 80an yah. Tapi kok dibandingin sama serial kita yang buatan tahun 2011 aja masih kerenan mereka yah?