Kartu Mistis - Sundel Bolong & Pastur Buntung

Dalam rangka Halloween, MBDC bekerja sama dengan MAKKO merilis seri Kartu Mistis! Jadi ini adalah seri kartu collectibles yang berisi makhluk-makhluk mistis Indonesia. Seram, keren, dan sekaligus layak dikoleksi loh.

Selama 7 hari MBDC dan MAKKO akan mengeluarkan 2 KARTU MISTIS setiap harinya. Untuk yang ketiga, kami merilis kartu Sundel Bolong dan Pastur Buntung. Selamat menikmati!

Belum lihat bagian sebelumnya?

Sundel Bolong

Origin: Arwah penasaran dari wanita yang mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur.
Wujud: Wanita berambut panjang berbaju putih yang bagian punggungnya bolong dan terlihat isi perutnya.
Dapat ditemui di: Kuburan yang angker. Terutama yang banyak pohon besarnya.
Kemampuan khusus: Menjelma sebagai wanita cantik yang berjalan seorang diri di jalan yang sunyi. Mencuri bayi yang baru dilahirkan.
Cara Menghadapi: Sundel Bolong konon sangat malu dengan punggung bolongnya. Hadapi dengan cermin supaya dia bisa melihat refleksi lukanya itu dan terkejut kabur.
Serba Serbi: Diperankan dengan sangat apik dan meyakinkan oleh Suzanna pada tahun 80an sehingga menjadi icon dari Sundal Bolong itu sampai sekarang.

Pastur Buntung

Origin: Zombie dari Pastor yang salah pulang ke kuburan unit Islam di Jeruk Purut. Harusnya dia pulang ke kuburan unit Kristen di Tanah Kusir.
Wujud: Pastur tanpa kepala yang menenteng kepalanya di tangan dan diikuti oleh seekor anjing.
Dapat ditemui di: Datang ke lokasi kuburan Jeruk Purut dalam jumlah ganjil pada malam Jumat, misalnya bertiga. Konon Pastur Buntung akan muncul.
Kemampuan Khusus: Karena kepalanya lepas dari leher dan ditenteng tangannya, maka dia bisa melihat 360° ke sekelilingnya.
Cara Menghadapi: Pastur Buntung sebenarnya tidak menggangu, tapi memang kalo ketemu serem banget. Lebih baik diam pasrah atau kabur sekalian.
Serba Serbi: 1 film layar lebar yang kepopulerannya kalah dengan mitos aslinya.

Illustration by @rayraythefish from Makko | Card Design by @slashwires