6 Status Percintaan Ambigu

Manusia itu emang makhluk yang unik dan banyak macemnya. Kadang mereka lebih memilih sesuatu yang aneh dan nggak umum karena alesan-alesan tertentu. Dalam percintaan juga sama. Entah karena punya masalah dengan komitmen atau ada alasan pribadi lainnya, banyak orang yang lebih memilih untuk enggak meresmikan status hubungannya. Resmi maksudnya pacaran gitu lho.

Nah orang-orang itu lebih memilih untuk menamai status percintaan dengan pasangannya dengan status yang ambigu. Ambigu gimana ? Ya pokoknya mereka kayak orang pacaran, tapi judulnya nggak pacaran. Gitu deh pokoknya. Kita bahas satu persatu ya status-status ambigu tersebut.

1. Teman Tapi Mesra

Sejak dipopulerkan oleh duo vokal Ratu, istilah ini jadi cukup beken. Hubungan TTM ini kira-kira begini. Jadi kamu punya teman, teman sepermainan, dimana dia ada kamu juga ada disitu. Temen kamu ini manis, baik hati dan selalu ada ketika kamu butuh bantuan. Tapi suatu hari, kamu jadi bingung, soalnya dia bilang dia cinta sama kamu dan mau kamu jadi kekasihnya dia.

Nah sebenernya hubungan ini semuanya salah kamu. Kamu kan cuma temenan sama dia, terus ngapain kamu mesra-mesraan sama dia? Geer kan jadinya? Serba salah deh sekarang. Kalo kamu terima, nanti semuanya bakal jadi beda. Kamu nggak bisa ngejar layangan lagi sama dia. Pasti kamu disuruh nunggu di lapangan aja, karena dia khawatir kalo kamu ikut ngejar layangan nanti ditabrak mobil. Terus kalo kamu ajak dia main bola, nanti dia bakal pelan-pelan mainnya, ngebiarin kamu menang biar kamu seneng. Ih ngga asik kan.

Terus kalo kamu tolak, nanti dia ngambek, terus ngga mau temenan lagi deh sama kamu. Hayo, bingung kan ?

2. Hubungan Tanpa Status

Ini sebenernya adalah sebuah paradoks, seperti lagu-lagu yang judulnya "Untitled." Hubungan HTS itu kan begini, kamu sama si dia deket, sering pergi berdua, ngomongnya aku-kamu, cerita-cerita hal yang personal dan intim, saling mencintai dan menyayangi, dan suka ehem-ehem juga dalam banyak kasus. Nggak ada bedanya sama orang pacaran kan? Tapi pas orang nanya "eh itu pacar lo?" kamu bakal jawab "Enggak, cuma HTS-an aja kok"

Nah. Status hubungan kamu itulah HTS. Tapi HTS itu kan artinya hubungan tanpa status. Jadi ya gitu. Paradoks. Ngerti nggak ? Kalo kamu ngerti film Inception atau Tree of Life hal remeh kayak gini pasti ngerti deh.

Jadi kenapa dong HTS-an ? Nah ini sebenernya cuma alesan doang buat orang-orang yang nggak bisa jaga komitmen. Nanti kalo ada orang yang lebih oke, pasangan kamu kemungkinan besar bakal ninggalin kamu buat dia. Saran kita sih, kalo kamu diajak HTS-an, silakan aja asal kamu juga punya cadangan. Jangan mau dikadalin dan ditinggal dengan tangan kosong !

3. Kakak Adek-an

Kakak Adek-an ini biasanya dilakukan sama abege-abege. Dan kadang-kadang ini jadi fase pedekate gitu. Jadi misalnya si cowok ama si cewek udah deket nih, sebenernya tinggal tembak aja, tapi emang dasar abege norak yang terlalu banyak pertimbangan, jadinya malah kakak adekan gitu. Tapi, tetep aja kergiatannya kayak orang pacaran. Cuma panggilan sayangnya adalah "kakak" dan "adik", dimana yang cowok jadi kakak, yang cewek jadi adik. Ato yang tuaan jadi kakak, yg lebih muda jadi adik (Yaiyalah ya)

Sebetulnya hubungan seperti ini janggal. Masa kamu pacaran sama orang yang kamu anggep sebagai kakak/adek kamu sendiri? Coba deh, kamu kalo sama kakak/adek kamu ngapain? Berantem kan? Minjem barang sama duit, sama saling mengadukan ke papa mama kalo ada yang abis berbuat kesalahan. Terus sekarang coba kamu bayangin, kamu sayang-sayangan sama kakak/adek kamu. Nanyain dia udah makan apa belum dengan mesra, ngucapin selamat pagi selamat malam dengan manis. Terus kamu nonton tv sama dia sambil sender-senderan, peluk-pelukan... Terus ternyata nggak ada orang dirumah.. Kamu sama kakak/adek kamu liat-liatan... Jantung berdetak kencang.. Muka bergerak saling mendekat... Terus... Eh yakin kamu mau kayak gini sama kakak/adek kamu? Sinting.

4. Cem-Ceman

Cem-ceman sebenernya mirip sama HTS, tapi beda. Jadi ceritanya kamu suka sama seseorang, kamu pengen deket sama dia, tapi kamu nggak mau pacaran. Jadilah orang itu sebagai cem-ceman kamu. Dan seperti hubungan yang udah dijelasin diatas, jalannya hubungan mirip-mirip sama orang pacaran. Kamu sering kencan sama dia, telpon-telponan gitu lah. Mirip sama HTS kan? Bedanya adalah kalo HTS hubungannya atas dasar suka sama suka, dan sama-sama setuju buat HTS. Kalo Cem-ceman hubungannya sepihak. Jadi nggak ada tuh persetujuan antara keduabelah pihak untuk menjalani sebuah hubungan.

Sebenernya main cem-ceman ini agak jahat sih. Kalo cem-ceman kamu suka itu nggak mau pacaran juga dan santai aja sih ngga apa-apa. Tapi kalo si cem-ceman kamu ternyata naksir jg sama kamu dan ngarepin kamu buat serius, jatohnya nanti kayak kamu cuma mainin dan ngegantungin dia. Kalo kamu emang mau cem-ceman, kamu harus ati-ati dan pinter dalam menghadapi cem-ceman kamu, jangan sampe kamu dianggep cuma ngemainin dia, nanti reputasi kamu bakal jadi jelek dan susah nyari mertua yang mau ngawinin anaknya sama kamu, ketika kamu udah mau berumah tangga.

5. Lagi Break

Orang kalo pacaran kan nggak selalu langgeng adem ayem. Pasti ada berantemnya, masalah kecil maupun gede. Nah kadang-kadang buat pasangan yang udah lumayan lama pacaran dan menghadapi masalah gede, numpuk atau ada unsur-unsur prinsip, mereka biasanya suka break dulu untuk mendinginkan suasana supaya bisa mencari jalan keluar yang terbaik. Umpanya kayak kamu lagi maen game, terus udah mentok nih, kamu pause dulu, istirahat, tapi ya nanti terserah kamu mau lanjut apa enggak.

Ketika lagi break, status percintaan kamu sebenernya lagi nggak jelas. Jomblo enggak, tapi punya pacar juga enggak. Biasanya tiap pasangan yang lagi break punya aturan masing-masing tentang nyari selingan pas break ini. Terlepas dari peraturannya, break itu harusnya buat introspeksi dan nyari solusi masalah. Tapi biasanya, break malah digunakan buat nyari ban serep, kalo-kalo hubungan yang ini udah nggak ketolong lagi. Atau, sebenernya pasangan kamu udah punya serep, tapi karena takut dibilang selingkuh, makanya dia minta break biar dia bisa bebas main-main sama si serepnya.

Nah jadi ya adik-adik, kalau hubungan kamu lagi nggak enak terus tiba-tiba pasangan kamu minta break, berhati-hatilah dia udah punya pengganti kamu, dan sekaligus bersiap-siap untuk nyari yang baru. Semangat !

6. It's Complicated

Ini dia, status ambigu yang paling megang di dunia percintaan. Sampe-sampe status ini disediakan khusus di Facebook, karena saking banyaknya orang yang lagi It's Complicated sama pasangannya.

Hubungan yang It's Complicated itu seperti apa ? Kira-kira begini: Kamu sama pasangan kamu udah 4 taun bersama. Kamu saling menyayangi, dan rela berkorban untuk masing-masing. Kalian udah kenal dan lumayan deket sama keluarga satu sama lain. Temen-temen pada bilang kalian adalah pasangan serasi dan nyuruh cepetan kawin.

Semua terasa indah, masa depan terlihat cerah. Namun tiba-tiba bokap nyokapnya pasangan kamu suatu hari bilang ke dia kalo mereka sebenernya kurang sreg sama kamu. Padahal selama ini mereka sama kamu baik-baik aja. Terus pasangan kamu cerita lah sama kamu, dan hubungan kamu jadi kerasa aneh. Pasangan kamu, yang anak berbakti pada orang tua akhirnya ngalah sama keinginan bokap nyokapnya.

Akhirnya kalian pun putus. Tapi karena perasaan nggak bisa diboongin, kalian masih sering ketemu diem-diem, walaupun hubungannya udah beda. Kamu pun sedih dan curhat ke temen cewek kamu. Begitu pula pasangan kamu, dia curhat ke temennya dan salah satu temen cowoknya mengambil kesempatan karena si mantan kamu ini jomblo dan emang oke. Dan karena si cowok ini baik orangnya, mantan kamu ya seneng-seneng aja. Terus si cowok ini nembak, tapi ditolak karena mantan kamu hatinya masih buat kamu. Karena kesel dan patah hati, si cowok ini ngejauh dari mantan kamu dan bikin gosip-gosip nggak enak tentang dia. Mantan kamu akhirnya stress, dan kabur dari rumah.

Sementara, kamu pun jadi deket sama temen cewek kamu dan tiba-tiba dia ngaku kalo selama ini dia naksir kamu dan rela untuk bantu kamu ngelupain mantan kamu ini supaya kamu bisa bersama dia. Tapi sebenernya dalam hati, kamu nggak mau ngelupain mantan kamu, karena kamu yakin dia adalah jodoh kamu. Kamu pun kebingungan dan di tengah-tengah kebingungan itu kamu ketemu kakek-kakek misterius yang ngaku punya pesan dari masa depan. Dia bilang kamu ngga boleh pusing-pusing tentang hal ini, karena tidak lama lagi mesin-mesin akan bangkit melawan manusia, dan kamu ditakdirkan menjadi harapan terakhir umat manusia.

Ribet kan ? Namanya juga It's Complicated.

Kamu punya pengalaman percintaan yang ambigu ? Atau percintaan kamu lebih aneh lagi daripada 6 status diatas ? Ayo di share di comment.

Other Post