Mengatasi Atasan yang Gak Lebih Pintar dari Kamu

Kembali lagi di Tanya Jawab MBDC, tempat dimana kamu bisa bertanya semua pertanyaan yang gak bisa kamu tanyakan ke orang lain. Pertanyaan hari ini datang dari @Emily_jinx:

Emily yang baik,

Seperti yang kamu mungkin sudah tahu, yang namanya atasan itu manusia juga. Sangat mungkin mereka memiliki kelemahan, seperti misalnya lebih bodoh dibanding kamu. Apalagi kalo kamu dulunya adalah lulusan Tim Olimpiade Fisika. Bagaimanapun juga, menjadi seorang atasan itu tidak hanya ditentukan oleh kepintaran, melainkan:

  1. Kedekatan dengan yang punya /  bos besar perusahaan
  2. Pandai menjilat
  3. Lama bekerja di perusahaan tersebut

Nah, 3 hal tersebut lebih penting ketimbang sekedar kepintaran atau kemampuan memimpin. Itu adalah kenyataan pahitnya, Emily yang baik. Jadi wajarlah kalau kamu sering mendapati atasan yang bodoh atau bahkan terlihat tidak kompeten.

Nah, jadi bagaimana kamu harus menghadapi atasan yang gak lebih pintar dari kamu? Mari kita bagi cara menghadapinya berdasarkan apakah bos kamu baik atau tidak.

Jika Bos Kamu Baik...

Jika bos kamu baik, maka pastinya kamu gak terlalu keberatan kalo dia lebih bodoh dari kamu. Malah kemungkinan kamu gak terlalu menyadari kebodohannya. Nah, jadi bagaimana cara menghadapi bos yang gak lebih pintar dari kamu tapi baik? Ya dikasih tau aja baik-baik kalo dia mulai kelihatan bego. Bukan nunjukkin kebodohannya ya, tapi justru ngasih tau apa yang bener. Gak papa lah kalo dia baik, siapa tau ntar kamu dikasih promosi.

Jika Bos Kamu Brengsek...

Nah, ini yang jadi masalah. Udah bego, suka marah-marah gak jelas, gak bisa ngapresiasi kerjaan orang, trus suka nyolong ide kamu lagi. Gimana cara mengatasinya?

1. Jangan share ide terbaik kamu

Menghadapi bos yang brengsek, kamu harus selalu berhati-hati. Jangan memberikan ide-ide terbaik kamu, karena kemungkinan si bos brengsek bisa nyolong ide kamu dan bilang kalo itu ide dia. Jadi mending kamu diem-diem aja, trus pas rapat besar (kalo bisa pas ada bos besar) kamu share ide super brilian kamu di depan khalayak ramai. Jadi keliatannya kamu yang pinter dan superior dibanding atasan kamu gitu. Asik!

2. Tunjukin Dia Bego di Depan Umum

Kalo bos kamu ini brengsek dan suka marahin kamu di depan umum, maka tidak salah juga kalo kamu menunjukkan dia bego di depan umum. Caranya? Jangan kasih tahu dia hal-hal benar yang dia perlu tahu. Biarin aja dia kelihatan bego, trus pas lagi ngomong di depan umum, kamu koreksi statement-nya dia berkali-kali. Kamu bakal kelihatan pinter dan dia kelihatan bego. Keren!

3. Kasih Les Privat

Daripada kamu cuma membodoh-bodohi dia, mungkin ada baiknya kamu malah mencari untung dari kebodohannya dia. Datengin dia dengan proposal les privat. Bilang kalau kamu mau ngajarin dia beberapa hal supaya dia pinteran dikit gitu. Bayarannya harus mahal dong pastinya.

Nah, itulah usul dari MBDC. Pesan moralnya: kalo jadi bos jangan brengsek, karena kalo kamu baik, gak pinter pun bawahan kamu gak akan keberatan. Sekian.