8 Langkah Putus 2.0

Kalau kamu sudah sukses melakukan Pedekate 2.0 dan berhasil jadian dengan inceran kamu itu, gunakan waktu tersebut dengan sebaik mungkin. Karena hal ini mungkin tidak akan berlangsung lama.

Ya hubungan tersebut enggak bisa bertahan karena kamu orangnya cemen dan cuma berani di internet doang, si dia pasti lama-lama nggak betah juga sama kamu. Maka ketika hubungan mulai goyah dan akan berakhir, internet juga bisa membantu untuk melancarkan proses itu supaya tidak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan atau merugikan kamu.

1. Ganti Status : It's Complicated

Kalau si dia udah nggak asik lagi, dan kamu mau mulai ngasih signal-signal bahwa hubungan kamu udah mulai ribet, ganti Facebook relationship status menjadi: It's Complicated.

Ini juga gunanya supaya seluruh jagat internet tau kamu lagi ada problem dengan hubungan dan bisa digunakan untuk mendapatkan bala bantuan. Plus itung-itung juga mulai naikin pasaran "akan menjadi jomblo". Orang-orang jadi tahu kamu sebentar lagi available.

2. No Mention Tweet

Setelah itu boleh tuh kamu meluapkan rasa kecewa/kesel kamu itu di twitter, tapi dengan format no mention. Ini supaya orang-orang di jagad internet tau kalau kamu sedang ada problem dengan sebuah hubungan, tapi objeknya enggak kena langsung, cuma semua orang tau. Mantep kan efek no mention ini.

Dari sini kamu bisa melihat apakah si dia ngerasa kena no mention kamu itu atau enggak, caranya cek aja timeline dia lalu lihat kalau kamu ngerasa tersindir di tweet2 no mentionnya dia, berarti genderang perang sudah ditabuhkan.

Well, selain itu setidaknya kalau kamu sharing sedikit hati kamu yang mampet itu bisa sedikit lega dan kamu bisa fokus untuk langkah-langkah putus berikutnya.

3. Unfollow

Langkah tegas pertama adalah unfollow di Twitter. Ini adalah semacam diplomasi, meskipun kamu masih bisa pantau timeline dia dengan cara lain, orang akan lebih berasa *jdeeeng* ketika diunfollow.

Kalau si dia masih belum ngerasa di unfollow kamu, bisa tambahin combo unfollow + no mention. Beehh, itu dijamin kerasa banget dan bikin nyebelin.

4. Protect Tweets

Yang penting kamu lakukan juga adalah langsung segera protect Twitter account kamu setelah melakukan 3 langkah di atas tadi.

Jadi ketika dia ngerasa ngeh di unfollow kamu, pasti dia penasaran dengan membuka timeline kamu, tapi karena protected, jadinya dia tidak bisa mendapatkan info apa-apa tentang kamu. Dan kamu bisa semakin leluasa ngapa-ngapain di timeline kamu tanpa dia bisa tahu. Sekarang posisi 1 - 0 buat kamu.

5. Block Twitter

Gempuran berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah block account Twitternya.

Si dia akan semakin buta terhadap sepak terjang kamu di dunia perTwitteran. Ini bagus dilakukan supaya kamu bisa tenang untuk pedekate ke cewe berikutnya tanpa ketahuan sama si dia yang sedang kamu coba untuk putusin.

6. Delete Friend

Di Twitter udah aman, sekarang ke ranah Facebook, segera delete dia as friend kamu. Jadi si dia juga nggak bisa ngoprek-ngoprek profile kamu. Plus jangan lupa untuk setting sharing post/picnya cuma ke friend aja.

7. Report As Spam

Sudah beres semua? Kamu sudah aman dari si dia? Sekarang adalah inti dari mutusin 2.0, yaitu report si dia as spam.

Dengan begitu kamu benar-benar sudah putus dari dia dan bisa memulai hidup baru lagi dengan yang lain menggunakan teknik Pedekate 2.0 yang sudah kamu kuasai.

8. Ganti Status: Single!

Ini adalah saatnya merayakan. Buka profile Facebook kamu dan ke bagian relationship status, lalu ganti dengan: Single!

Sejagad internet sekarang tahu, kamu seorang yang cemen, yang pedekate melalui internet sekarang telah kembali ke asalnya, menjadi seorang jomblo di internet yang siap mencari mangsa lagi. Pada saat setelah mengganti status single ini, kamu harus segera ngajak teman-teman kamu yang lain untuk minum-minum merayakannya.

Selamat mencoba!

Siklus Asmara 2.0