5 Lomba #17an yang Terancam Diganti oleh Permainan Digital

Selain upacara bendera, 17 Agustus juga identik dengan lomba-lomba yang dilaksanakan di berbagai tempat, mulai dari perkampungan, komplek, sampe ke sekolah-sekolah. Lombanya dari jaman dulu juga bertahan itu-itu aja. Tapi sekarang dunia digital mulai merasuk ke kehidupan kita. Semua orang punya handphone. Semua orang main Facebook. Anak-anak kecil sekarang mainan iPad. Kalo kayak gini mah sebentar lagi mana ada yang mau lomba 17an beneran? Semua bisa diganti oleh permainan digital! Misalnya:

Panjat Pinang

Ini adalah salah satu lomba paling sulit yang ada di 17an tapi biasanya hadiahnya paling manteb. Jadi peserta disuruh memanjat sebuah tiang tinggi yang sudah dilumuri oli, sehingga sulit sekali dipanjat. Di atas tiang itu dipasang berbagai macam hadiah, mulai dari duit sampe sepeda! Pokoknya hadiahnya lumayan bikin ngiler deh. Nah, seseorang agak mustahil sih bisa manjat sendiri, jadi pada dasarnya ini adalah sebuah permainan tim, dimana ada yang menjadi penahan di bawah dan ada yang manjat sampe ke atas.

Akan Segera Digantikan Oleh

price: $ 0.99

Di Pinang Climbers HD ini kamu cukup menekan tombol yang sesuai dengan warna yang keluar supaya karakter kamu bisa manjat sampe ke atas. Kalo kamu salah mencet tombol, maka karakter kamu akan merosot. Makin lama tombol yang harus dipencet makin cepet. Hadiahnya? Kamu dapet highscore dong pastinya. Highscore sama asiknya sama hadiah beneran kan?

Balap Karung

Ini juga merupakan salah satu lomba paling klasik 17an. Jadi para peserta dipakein karung goni terus mereka lompat-lompat, berlomba untuk mencapai garis finish. Lomba ini adalah salah satu yang paling seru ditonton dan paling sering membuat orang cedera juga. Lomba yang satu ini sungguh menguras energi dan pastinya gak cocok dimainkan pas bulan puasa. Terancam diganti banget nih.

Akan Segera Digantikan Oleh

price: $ 1.99

Di The Sack Racer ini, timing adalah segalanya. Kamu harus memencet tombol jump untuk loncat dan kemudian dengan timing yang tepat harus menekan tombol land supaya karakter kamu bisa mendarat dengan sempurna. Kalo kamu salah timing ketika menekan tombol land, maka karakter kamu akan jatuh!

Makan Kerupuk

Ini juga merupakan salah satu lomba yang paling populer, terutama di sekolahan. Kenapa di sekolahan? Mungkin karena gampang kali ya. Jadi di lomba ini ada kerupuk-kerupuk yang digantung di tali-tali rafia, terus peserta berlomba untuk menghabiskan kerupuk tersebut. Yang abis duluan menang. Kerupuk yang digunakan biasanya kerupuk putih karena banyak bolongnya jadi gampang digantung. Tapi lagi-lagi, ini gak cocok banget dimainin pas bulan puasa. Langsung batal dong?

Akan Segera Digantikan Oleh

price: free

Di sini yang perlu kamu lakukan hanyalah memiring-miringkan (tilt) iPad kamu supaya kerupuk bisa masuk ke mulut karakter di game. Jadi karakter di game ini gerak-gerak terus dan adalah tugas kamu untuk memastikan kerupuk tersebut sampai ke mulutnya! Dijamin gak bikin batal puasa!

Masukin Pensil Ke Botol

Lomba ini juga populer di sekolahan, terutama sekitar SD. Kenapa? Karena orang dewasa pada umumnya agak malu melakukan hal ini sementara anak kecil masih bisa dibego-begoin. Tapi itu menurut MBDC sih. Jadi di lomba ini, sebuah tali diikatkan ke pinggang seorang peserta, kemudian sebuah pensil digantungkan di ujung tali tersebut. Kemudian peserta berlari menuju suatu tempat yang ada botolnya, kemudian peserta harus masukkin pensil yang digantung tersebut ke dalam botol. Susah banget kan, karena pastinya pensil tersebut bakal goyang-goyang. Karena susah, maka saatnya kita beralih ke digital!

Akan Segera Digantikan Oleh

price: $ 0.99 (full version) / free (lite version)

Sama seperti The Krupuk Eating Championship, yang kamu perlu lakukan di sini hanyalah miring-miringin iPhone/iPod kamu supaya pensil bisa masuk ke botol dengan selamat! Ada 99 level di game yang full version, semua dengan tantangan dan rintangan yang tentu semakin lama semakin sulit!

Karaoke

Lomba ini sih kayaknya belum lama-lama banget populernya, tapi sejak ada kayaknya langsung jadi populer banget. Mungkin karena ternyata banyak banget orang yang pengen terkenal kali ya. Lomba ini pada dasarnya ya sama aja kayak lomba nyanyi biasa, cuma ini ala Karaoke aja. Yang nilai ntar juri gitu. Tapi nyanyi itu kan bikin haus yah, jadi tentunya tidak cocok dibawakan saat bulan puasa. Kita butuh permainan yang lebih aman dan fleksibel dimainkan saat bulan puasa.

Akan Segera Digantikan Oleh

price: $ 2.99 (full version) / free (lite version)

Supaya gak haus nyanyi-nyanyi, maka biarkan jari kamu yang bernyanyi! Pilih lirik yang tepat dan biarkan karakter dalam game Karaoke Battle yang menyanyikannya buat kamu! Jadi game ini sistemnya kayak Dance-Dance Revolution, tapi kamu cuma perlu memilih lirik yang tepat aja. Kalo kamu salah pilih, maka karakter kamu nyanyinya bakal jadi fals dan poin kamu berkurang. Di Lite version kamu cuma bisa mainin 3 lagu sementara di full version kamu bisa nyanyiin lebih dari 100 lagu wajib nasional! Seru banget!

Nah kira-kira begitu. Bakal kejadian gak yah? Kayaknya seru juga sih.

Other Post