Surat Terbuka Untuk Dell Mengenai Peju

From: MBDC <contact [at] malesbanget [dot]com>
To: Dell Peju Project Manager
To: Dell Brand Manager
Cc: Para direksi dan shareholder Dell
Cc: @tifsembiring

Subject: #FYI

Dear Bapak/Ibu yang kami hormati,

Sebelumnya, kami dari malesbanget.com sama sekali tidak pernah ada masalah dengan Dell maupun produknya, meskipun kami sendiri tidak memakai produk tersebut, tapi anggaplah kami ini sebagai customer yang cerewet dan enggak bisa tutup mulutnya tapi mempunyai hati yang baik dan peduli sekitar.

Seperti yang kami baca di layanan berita online ini, kalian sedang sibuk mengembangkan produk tablet berbasis Windows. Oke no problem, semua juga sedang ingin mencoba mengambil pasar iPad yang sedang berkembang dengan memproduksi tablet-tablet dengan berbagai macam spec dan keunggulannya masing-masing. Tapi disini kami tidak ingin membahas itu.

Yang ingin kami bahas adalah mengenai nama, nama sandi atau apapun yang kalian kenakan kepada tablet tersebut yaitu.... ehm.... *batuk* PEJU *batuk*

#FYI, peju dalam bahasa Indonesia sehari-hari berarti sperma. Sperma yang keluar dari alat kelamin laki-laki, yang apabila masuk ke dalam rahim bisa membuahi sel telur dan terlahir menjadi manusia.

Kami tidak tahu apakah kalian sudah riset mengenai nama ini dan kalian juga sudah sadar mengenai artinya dan ingin mengambil filosofi dari proses reproduksi kehidupan seperti diatas tadi ataupun apapun yang kalian inginkan....

Tetapi buat kami-kami ini, peju lebih berarti sebagai cairan yang keluar dari alat kelamin laki-laki yang kalo kena tangan bisa menjadi lengket, dan terkadang menimbulkan perasaan jijik. Tapi di banyak kalangan malah sebaliknya, menimbulkan perasaan senang.

Sekali lagi, kami bukannya ingin sok ngajarin mengenai nama atau lainnya, kami juga sadar bahwa pemilihan nama adalah hak asasi setiap manusia, dan juga nama adalah sesuatu yang suci dan harus dihargai / dijaga dengan baik, tapi kalo kalian emang sudah fix dengan nama *batuk* PEJU *batuk* itu, kami sama sekali tidak memaksa apapun...

Tapi coba kalian pikirkan, suatu saat pasti kalian ingin memasarkan produk tersebut ke Indonesia dong... Ini bukannya ge er, tapi kami sadar bahwa kami adalah pasar yang besar untuk tablet PC tersebut.

Dan pastinya kalian ingin membuat kami ngiler terhadap produk tersebut seperti kami ngiler terhadap iPad. Kalian ingin membuat kami bangga kalau memiliki produk tersebut, seperti halnya kalau orang bangga kalau memiliki iPad. Semua ini pasti kalian susun dalam strategi marketingnya

Tapi bagaimana kalian akan menanamkan image bangga, keren dll tersebut kalau kalian menamakan produk kalian dengan PEJU ?

Apakah kami semua harus ngiler dengan Peju ?

Tidak lama setelah berita ini kami dengar, jagat Twitter Indonesia telah ramai dengan #peju, oke untuk awal ini mungkin merupakan marketing buzz yang bagus, bahkan ketika tulisan ini dibuat, Peju sedang bertengger di tending tropic Worldwide, thanks to bangsa Indonesia.


Tapi coba pikirkan efeknya dalam kehidupan berbahasa Indonesia:

Apabila anda tidak paham konteksnya, maka kalau anda mendengar kalimat tersebut kedengerannya aneh dan cabul. Bahkan bisa-bisa anda malah pergi ke sperm bank untuk mendapatkan Peju yang sudah harus ada besok. Bahaya kan?

Atau contoh lain penggunaan Peju di dalam kalimat yang bisa menjadi salah arti:

Tapi kalau kalian tetap ingin memakai nama tersebut tidak masalah, toh ada beberapa tagline yang mungkin cocok dan bisa kena banget, misalnya seperti ini:

Bahkan bisa juga besok-besok produk Peju ini malah kejerat pasal undang-undang mengenai ponrography ataupun sejenisnya, ya kalian tau lah kalo di Indonesia urusan seperti ini ribet dan tidak jelas.

Well, balik lagi, kami sebagai customer yang peduli dan tidak suka berbicara kotor, alangkah baiknya apabila Dell memikirkan lagi efek penggunaan nama produk tersebut untuk dijual ke masyarakat luas, terutama Indonesia.

Salam Malesbanget!

PS: Oiya, kalau mau jualan tablet di Indonesia, jangan lupa melampirkan manual book bahasa Indonesianya ya, karena kasihan yang jual nanti bisa masuk penjara.