Cara Pergi Ke Singapura

Jadi ceritanya kamu lagi bosen banget berada di negara ini. Kamu suntuk sama kerjaan kamu, suntuk ngeliatin macet, suntuk ngeliatin orang-orang brengsek di jalan. Kamu butuh peradaban yang lebih maju! Kamu pengen keluar negeri! Gak usah jauh-jauh, kamu pengen pergi ke Singapura aja.

Tapi sayangnya kamu gak tau caranya. Kamu gak pernah keluar negeri dan sepertinya semuanya menjadi mengerikan. Ke Singapura memang sulit, tapi itulah gunanya MBDC. Kami akan memberikan tutorial bagaimana cara kamu bisa sampai ke Singapura dengan selamat!

Siapkan Uang

Uang adalah hal terpenting yang harus kamu siapkan jika kamu mau ke Singapura atau ke negara manapun. Tanpa uang, sepertinya kamu bahkan gak bisa beli tiket, apalagi bertahan hidup dan berfoya-foya di luar negeri. Jadi siapkan uang sebanyak-banyaknya!

Tuker Rupiah ke Singapore Dollar

Rupiah itu gak berlaku di Singapura. Kalo kamu bayar makanan pake duit 50ribuan, ntar kamu diketawain lho. Tuh kan untung MBDC udah bilangin! Kamu gak jadi diketawain deh. Nah terus gimana caranya tuker uang? Nuker Rupiah ke Singapore Dollar bisa dilakukan di money changer. Money changer ini ada dimana-mana kok. Tapi saran MBDC sih jangan nuker di money changer yang ada di mall-mall gede, karena biasanya kurs-nya jadi mahal. Mending riset dulu deh dimana money changer yang kursnya bagus.

Siapkan Passport dan Tiket

Namanya pergi naik pesawat, udah pasti kamu butuh tiket pesawat. Tapi beda sama kalo kamu pergi naik pesawat ke Yogyakarta, kalo kamu mau ke Singapura, kamu harus punya yang namanya Passport atau dalam bahasa Indonesia disebut Paspor. Apa sih paspor itu? Menurut kamus besar bahasa Indonesia, paspor adalah:

Surat keterangan yg dikeluarkan oleh pemerintah untuk seorang warga negara yg akan mengadakan perjalanan ke luar negeri

Tuh kan penting banget! Kamu harus punya paspor sebelum kamu beli tiket ke luar negeri. Dimana kamu bikin paspor? Ya di Kantor Imigrasi dong.

Check In

Kalo kamu beli tiket pesawat ke luar negeri, biasanya kamu akan diingatkan berkali-kali bahwa kamu harus datang setidaknya 2 jam sebelum keberangkatan kamu. Ih kenapa sih? Males banget. Tapi sebenarnya ini semua ada alasannya. Alasannya adalah karena kamu harus melakukan check in. Apa itu check in?

Gak jauh beda sama check in di hotel, check in di sini berarti kamu semacem laporan sama pihak pesawat kalo kamu jadi berangkat dan siap naik pesawat. Pada saat ini, kamu juga harus bayar airport tax. Airport tax sejauh ini adalah Rp. 150,000. Kalo kamu udah check in, nanti kamu akan dikasih boarding pass. Boarding pass adalah selembar kertas yang kamu gunakan untuk masuk ke ruang tunggu dan nantinya naik pesawat. Tanpa boarding pass, kamu gak bakal bisa naik pesawat.

Nah, kenapa kamu harus dateng 2 jam lebih awal? Karena antrian check in itu kayak gini:

Dan gambar di atas ini diambil jam 4.25 pagi.

Imigrasi

Satu lagi alasan kenapa kamu harus datang lebih awal kalo mau ke luar negeri adalah karena kamu harus ngelewatin yang namanya imigrasi. Imigrasi ini adalah tempat dimana passport kamu dicap-cap untuk menandai bahwa kamu meninggalkan negara. Gitu deh. Dan antriannya kayak gini:

Yes. Bayangin kalo kamu mepet. Pasti gak sempet.

Pemeriksaan

Kalo kamu udah lewat imigrasi, kamu akan diarahkan menuju ke gate dimana kamu harus nunggu. Gak bener-bener diarahin sih, kamu harus cari sendiri gate-nya, tapi gampang kok. Petunjuknya ada dimana-mana. Nah, saat berjalan menuju ke gate, kamu akan melewati pemeriksaan. Di sini koper kamu akan diperiksa lewat mesin x-ray dan kamu sendiri harus melewati mesin pemindai.

Supaya cepet, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Pastikan kamu mengeluarkan semua barang elektronik dan logam dari kantong kamu. Supaya nanti pas diperiksa gak lama.
  2. Pastikan kamu tidak membawa cairan lebih dari 100ml. Cairan lebih dari 100 ml gak boleh masuk ke pesawat dan berdebat hanya akan memperlama proses pemeriksaan. Jadi mendingan gak usah bawa cairan lebih dari 100ml ke kabin.

Nunggu

Kalo udah lewat pemeriksaan, maka yang harus kamu lakukan cuma nunggu. Kalo kamu dateng 2 jam lebih awal, mungkin masih ada waktu sekitar 1 jam untuk duduk menunggu. Mendingan kamu bawa buku dan mesin game portable deh. Bosen juga lho nunggu.

Naik Pesawat

Kalo udah tiba waktunya naik pesawat, langsung aja naik, jangan malu-malu. Di dalam pesawat, segera cari nomer tempat duduk kamu dan duduk di situ. Jangan ambil tempat duduk orang lain. Jangan malu-maluin. Kalo kamu bawa tas ke dalam kabin, taro tasnya di kompartmen di atas tempat duduk kamu.

Baca / Lihat Petunjuk Keselamatan

Karena kamu baru pertama kali naik pesawat, selalu sempatkan diri kamu untuk baca dan lihat petunjuk keselamatan yang diberikan oleh pihak pesawat. Pramugari biasanya akan memeragakan petunjuk keselamatan dan kamu juga bisa baca sendiri petunjuk keselamatannya yang biasanya diselipkan di kursi di hadapan kamu. Ini penting demi keselamatan kamu sendiri.

Terbang!!

Terbang mungkin kedengarannya mengerikan, tapi sebenernya gak semengerikan itu juga kok. Coba liat video di bawah ini:

Tuh kan gak serem kan? Semua akan baik-baik aja kok. Jangan nangis dong. Puk puk.

Di Udara

Kalo sudah berada di udara, yang harus kamu lakukan hanyalah duduk diam dan menunggu sampai tiba di tujuan. Nikmatilah pemandangan di atas langit. Jarang-jarang lho kamu bisa terbang begini.

Makan di Pesawat

Kalo kamu naik pesawat mahal, biasanya sih kamu udah pasti dapet makanan komplimen. Tapi kalo kamu naik pesawat-pesawat murah, kamu gak dapet makanan komplimen. Tapi kamu bisa beli sih, walaupun harganya lumayan mahal. Tapi ya kalo kamu kelaperan banget, apa boleh buat deh.

Satu Setengah Jam Kemudian...

Tiba di Singapura!

Hore! Penantian kamu berakhir sudah! Kamu sudah tiba di Singapura! Biasanya kamu akan langsung merasakan perbedaannya, karena sebagian besar petunjuknya sekarang pake bahasa Inggris:

Udah gitu, dari sini kamu juga bisa naik MRT:

Wih canggih banget deh. Nah, dari sini kamu tinggal pergi menuju ke pusat kota untuk bersenang-senang deh. Selamat hepi-hepi!