Cara Nawar Ojek

Kalau kamu hidup di Jakarta, terkadang penting bagi kamu untuk mengenal sebuah mode transportasi umum yang bernama ojek. Buat yang belum tau (Kamu gak tau ojek? Serius ah) definisi ojek menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah:

sepeda atau sepeda motor yg ditambangkan dng cara memboncengkan penumpang atau penyewanya

Jadi ojek ini semacam taksi, tapi naik motor (atau bisa juga sepeda) dan gak pake argo. Nah, karena gak pake argo, jadi sistem bayarnya adalah tawar-tawaran. Tawar menawar ini adalah bagian yang sangat penting, karena kalo kamu gak nawar, kemungkinan besar kamu akan disuruh bayar mahal. Tapi bagaimana cara menawar ojek? Silakan baca!

Penting Untuk Diketahui

Sebelum kamu mulai nawar ojek, ada beberapa hal yang penting untuk kamu ketahui:

  1. Ada baiknya kamu tau kurang lebih bayaran yang layak untuk pergi ke tempat yang kamu tuju itu berapa. Cara paling gampang dan fair untuk mengetahui hal ini adalah dengan pernah naik taksi ke tempat yang kamu mau itu. Dari situ, kamu bisa menentukan harga yang kamu mau.
  2. Pada umumnya, naik ojek harus lebih murah dari taksi.
  3. Dalam keadaan macet yang tidak wajar, aturan naik ojek bisa tidak berlaku, karena dalam keadaan seperti ini semua orang butuh ojek. Jadi mereka bisa seenaknya. Inget hukum ekonomi.

Sudah dipelajari? Kalo sudah, mari kita mulai.

Cara Nawar Sok Asik

Cara nawar sok asik ini bisa kamu lakukan kalau kamu sebelumnya belum pernah naik ojek ke tempat yang kamu tuju. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan kalau mau nawar dengan cara sok asik adalah:

  1. Selalu senyum, jangan cemberut.
  2. Berbicara dengan nada yang riang dan bersahabat
  3. Pilih tukang ojek yang mukanya juga bersahabat.

Dan cara nawarnya kurang lebih seperti ini:

Kamu: Bos...Senayan yak.

Ojek: Senayan? Ayok.

Kamu: Berape?

Ojek: Biasalah, 40.

Kamu: Ah mahal banget?

Ojek: Abisnya berape dong?

Kamu: 20 aja ah. Biasanya juga 20.

Ojek: Ya jangan doong...

Kamu: Biasanya 20.

Ojek: Macet boss...

Kamu: Ya emang macet, makanya gue naik ojek.

Ojek: Ah si boss nih... (mulai colek-colek nakal..lho?)

Kamu: Serius dong, berape?

Ojek: 30 deh boss.

Kamu: 25 aja yak?

Ojek: Ya udah deh.

Dan kamu hidup bahagia selamanya.

Cara Nawar Sok Udah Biasa

Ini sebenernya bukan cara nawar sih, tapi kurang lebih agak mirip nawar juga. Cara ini sungguh beresiko, apalagi kalo tukang ojek yang kamu tumpangi orangnya rese. Tapi pantas dicoba lah, karena ini bisa berarti kamu akan mengeluarkan uang yang layak untuk bayar ojek. Catatan: di cara yang satu ini, kamu harus udah tau persis harga yang pantes berapa.

Ojek: Kemane bos?

Kamu: Biasa. Senayan.

Dan setelah kamu ngomong gitu, langsung naik ke ojek seolah-olah kamu emang udah sering banget naik tu ojek dan udah tau harganya, jadi gak pake tawar-tawaran lagi. Biasanya sih dalam keadaan seperti ini si Tukang Ojek gak bakal ngomong apa-apa lagi dan langsung menerima pembayaran kamu.

Tapi ada sih kasus-kasus khusus dimana si Tukang Ojek ngomel pas kamu bayar. Kalo udah gini kejadiannya, ya silakan gunakan cara di poin pertama lagi.

Cara Nawar ala Cewek Cantik

Ini adalah teknik nawar yang hanya bisa dilakukan oleh perempuan-perempuan cantik absolut yang udah pasti disukai semua lelaki, seperti misalnya Mariana Renata.

Mariana Renata

Kurang lebih caranya begini:

Mariana: Bang, ke Senayan berapa?

Ojek: Biasa deh neng...40 aja.

Mariana: (dengan manja dan lucunya) Aaah, jangan dong. 10 ribu aja ya?

Ojek: OK.

Ingat, cara ini hanya bisa dilakukan oleh cewek-cewek yang cantik banget kayak Mariana Renata. Kalo kamu kurang cantik apalagi kamu cowok, jangan harap bisa melakukan ini. Bisa-bisa kamu digebukin pas berusaha ngomong dengan manja dan lucu. Jangan dicoba ya, kita udah ngingetin lho.

Nah kurang lebih gitu deh. Semoga berhasil naik ojek.