Cara Bertemu Orangtua Pacar part 3: Situasi Di Meja Makan

Sudah akrab sama bokap sang pacar? Langkah yang bagus! Berikutnya adalah kemungkinan kamu akan ditawari makan.

Apabila kamu ditawari makan oleh orangtua pacar kamu yang baru, banyak hal yang musti diperhatikan, misalnya:

  1. Untuk alasan kesopanan/basa basi, kamu harus minimal 1 kali menolak dengan kata-kata "Wah, makasih Oom, masih kenyang nih....". Ini penting supaya kamu tidak dikira datang kerumahnya hanya untuk numpang makan.
  2. Kalau sudah menolak pertama dan masih ditawari, tanggapi langsung dengan pertanyaan "Nanti gak ngerepotin Oom?". Ini juga penting supaya kamu berkesan anak baik yang tidak suka merepotkan orangtua.
  3. Apabila masih tetap ditawari juga, langsung angkat kaki kamu ke meja makan.

Nah, situasi di meja makan sendiri ini juga banyak hal yang harus diperhatikan:

1. Jangan Sembarangan Ambil Makanan

Kamu adalah tamu yang gak diundang, jadi jangan sembarangan ambil makanan yang ada di meja makan. Apabila ada makanan yang enak di meja itu, kamu harus tunggu semua anggota keluarga yang lain mengambil makanan yang enak, baru kamu boleh ambil sisanya. Itu baru namanya sopan.

Contoh kasus: Ada bokap, nyokap dan pacar serta kamu sendiri di meja makan. Di situ dihidangkan 2 potong ayam dan 2 pare. Maka seharusnya, kamu jangan mengambil ayam itu dulu sebelum bokap nyokapnya ambil makanan mereka. Apabila ada ayam yang tersisa, baru kamu boleh ambil.

2. Jangan Paksa Diri Makan Yang Ga Enak

Apabila kamu terpaksa makan yang gak enak di meja itu, atau nyokap pacar kamu udah keburu naruh makanannya di piring kamu, jangan paksa untuk dimakan. Nanti kamu sendiri yang akan rugi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di meja makan dan perut kamu. Kalau emang kamu gak bisa makan makanan itu, kamu bisa menolaknya dengan baik-baik.

3. Puji Masakan Si Tante

Kalau yang masak adalah nyokapnya pacar kamu, jangan lupa puji masakannya. Itu adalah wajib! Meskipun masakannya enggak seenak gimana gitu, tapi tetep harus dipuji. Tapi dalam memuji masakan si tante jangan sampai berlebihan alias lebay yah.

4. Kalau Berani, Coba Ikut Cuci Piring!

Kalau kamu mau lebih pol dan lebay lagi, tawarkan jasa diri kamu untuk mencuci piring. Ini supaya orangtuanya melihat bahwa kamu anak yang mandiri dan materi suami yang baik buat anaknya. Meskipun kamu nggak bisa cuci piring, tapi tenang saja gak usah takut, hal ini jarang kejadian.

Perlu diingat, kamu boleh menawarkan jasa cuci piring ini kalau dirumahnya lagi ada pembantu, jadi kamu bisa aman, karena pasti nyokapnya akan bilang "Ah gak perlu repot-repot kok, ada pembantu yang bisa cuciin". Tapi kalau gak ada pembantu dan kamu menawarkan jasa itu, bisa-bisa kamu disuruh cuci piring beneran. Hati-hati ya!

Semoga tips ini bisa bermanfaat, selamat berusaha!