Rumus Logaritma

OK, sebenernya ini harusnya buat besok, tapi sebagai bonus gak papa deh. Kita buat aja tanya jawab MBDC dua kali. Besok ada artikel lagi. Lagipula ini sangat menggelitik kami. Jadi ceritanya tadi seorang pembaca MBDC, @imam_wibowo, melontarkan pertanyaan yang kayaknya ngeledek banget. Dia tanya, "Masih inget rumus logaritma gak?". Gila! Kesannya ngeledek MBDC banget nih!

Apa Itu Logaritma?

Buat kamu yang udah gak inget apa itu logaritma, logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan. Logaritma sering digunakan untuk memecahkan persamaan yang pangkatnya tidak diketahui.

Rumus Dasar Logaritma

ac = b → ª log b = c

a = basis
b = bilangan dilogaritma
c = hasil logaritma

Sifat-Sifat Logaritma

ª log a = 1

ª log 1 = 0

ª log aⁿ = n

ª log bⁿ = n • ª log b

ª log b • c = ª log b + ª log c

ª log b/c = ª log b – ª log c

ªˆⁿ log b mm/n • ª log b

ª log b = 1 ÷ b log a

ª log b • b log c • c log d = ª log d

ª log b = c log b ÷ c log a

Makan tuh rumus logaritma!! Ayo tanya rumus apa lagi??