Kenapa Kasus Nyontek Massal di SDN Gadel 2 Gak Asik

Buat yang belum tahu, beberapa hari yang lalu ada kasus kecil yang cukup bikin heboh. Seorang ibu diusir oleh orang sekampung gara-gara dia ngelaporin guru yang maksa anaknya buat ngasih contekkan ke murid sekelas. Ih kok gitu sih? Gak asik banget. Kenapa gak asik? Soalnya:

Cara Nyonteknya Amatir Banget

Kalo para guru di SDN Gadel 2 ini belajar dari MBDC, mereka pasti tau kalo nyontek itu adalah sebuah seni yang harusnya dilakukan sendiri atau maksimal berdua lah. Kalo nyonteknya sekelas gini mana asik sih? Ini kayak main game tapi tamatnya pake cheat. Gampang sih, tapi gak seru.

Udah Nyontek Kayak Gitu Kok Masih Ketahuan Juga

Seni utama dari mencontek adalah gak ketahuan. Ini udah nyonteknya diatur kok masih ketahuan juga sih? Gimana sih? Harusnya para guru itu ngajarin hal paling penting ke murid mereka, "kalo curang diem-diem aja, jangan bilang siapa-siapa". Harus mikirin diri sendiri dulu dong. Akhirnya hal ini kan yang jadi sumber masalah. Coba mereka diem-diem aja. Pasti gak bakal ketahuan. Dasar amatir.

Ini Sungguh Mengkhawatirkan Untuk Masa Depan Anak-Anak

Cara seperti ini sungguh mengkhawatirkan bagi masa depan anak-anak SD itu. Kalo mereka dibiasakan dengan cara mencontek manja seperti itu, gimana mereka mau jadi koruptor handal? Pasti bakal gampang banget ketahuan trus ditangkep KPK! Mereka gak akan terbiasa dengan trik-trik korupsi canggih nan kreatif yang seharusnya dilatih dari mencontek mandiri sejak usia dini.

Cara Mereka Menghandle Situasi Salah

Udah repot-repot mendukung kurikulum mencontek di sekolah, kenapa coba masyarakat masih menghandle situasi dengan cara primitif macem ngusir si ibu dari kampung? Jadi kena blow-up media kan? Harusnya gunakan cara politisi modern dong. Pas keliatan si ibu pelapor mau ngelaporin hal ini, langsung dilobi dong. Kasih pisang goreng, kopi, trus sodorin amplop isinya duit. Bilang, "Udahlah bu, diem-diem aja. Biar kita sama-sama enak gitu. Nanti anak ibu kita jadikan ketua kelas seumur hidup." Masa gak ada yang belajar apa-apa sih dari politisi kita? Ayo dong, role model kita banyak banget gitu. Tinggal ditiru aja.

Yah begitulah. Warga Jl. Gadel Sari Barat dan jajaran guru di SDN Gadel 2 masih harus belajar banyak nih tentang korupsi. Masih amatir sistem pendidikan koruptornya.