Tips Menahan Kantuk di Siang Bolong

Ngantuk di siang bolong adalah hal yang menyebalkan, khususnya bagi orang yang punya aktivitas di siang hari. Menyebalkannya bukan karena kita sebel kenapa sih kita ngantuk, melainkan karena kemungkinan besar kita gak bisa menuruti keinginan si ngantuk untuk bobo. Padahal seperti kita semua tahu, menahan kantuk adalah neraka duniawi. Nah jadi gimana dong? Sebelum kita lanjut, mungkin ada baiknya dulu kita mempelajari kenapa kita bisa mengantuk.

Menurut sebuah blog yang tidak sengaja ditemukan oleh MBDC, kita mengantuk karena:

Kajian menunjukkan rembesan ejen kimia semulajadi yang dikenali sebagai serotonin daripada otak kita menyebabkan kita ada rasa mengantuk. Serotonin terhasil daripada tryptophan yang juga dikenali sebagai asid amino dalam tubuh badan kita.

Sudah menjadi lumrah semulajadi apabila malam hari manusia akan rasa mengantuk dan secara automatiknya akan terjaga pada keesokan harinya. Ini kerana serotonin juga sudah menjadi jam semulajadi manusia di mana amat peka terhadap kegelapan. Apabila kita berada di tempat yang gelap misalnya, ia akan meransang ejen kimia tersebut untuk dihasilkan. Maka kita akan mula rasa mengantuk.

Kita gak yakin sih sebenernya rembesan ejen kimia semulajadi itu artinya apa. Kita bahkan gak yakin kutipan di atas bahasa Indonesia. Yah apapun itu, pokoknya kayaknya penyebab kantuk itu adalah hal yang sangat kimiawi. Nah, jadi gimana dong cara melawan ngantuk?

MBDC punya resep ampuh!

Bahan yang Dibutuhkan (untuk 1 penyajian)

  1. Kopi bubuk hitam (3 Sendok Makan)
  2. Gula (1 Sendok Makan)
  3. Garam (1 Genggam Tangan orang Dewasa)
  4. Kecap Inggris / boleh diganti kecap biasa (1/2 cup. Cup es krim gitu)
  5. Saus Tiram / boleh diganti saus tomat (5 tetes)
  6. Sisa makanan (yang belum basi)
  7. Air panas secukupnya. (1 cangkir gitu kali ya?)

Cara Membuat

  1. Campur semuanya ke dalam sebuah blender.
  2. Tuangin ke gelas yang muat.
  3. Minum.

Efeknya

Kemungkinan kamu bakalan mau muntah trus jadi emosi banget, adrenalin terpacu, pengen mukulin temen kamu, terus jadi seger lagi deh. Sukses!

Punya Tips Menahan Kantuk yang tidak konvensional? Share ke kita lewat kolom comment di bawah!