Fenomena 7 Eleven

Kemarin seperti biasa kita membuat kesempatan bagi para pembaca MBDC untuk bertanya tentang apa aja via Twitter. Kali ini, ada sebuah pertanyaan dari @chandraup yang sungguh menggelitik jiwa dan raga MBDC. Pertanyaannya simple aja dan malah sebenernya gak bisa dikategorikan sebagai pertanyaan (karena gak pake tanda tanya), yaitu "Fenomena 7 Eleven". OH IYA! Kita belum pernah bikin artikel tentang 7 Eleven ya! Baiklah, untuk @chandraup dan teman-teman semua, berikut sedikit penjelasan tentang fenomena 7 Eleven dari MBDC!

Fakta

7 Eleven adalah sebuah convenience store yang berasal dari Amerika, tapi sekarang dimiliki oleh Jepang. Jepang sendiri memiliki outlet 7 Eleven terbanyak di dunia: dari 39,153 outlet yang ada di seluruh dunia, 12,925 di antaranya berada di Jepang dan 1,713 di antaranya berada di Tokyo. Ternyata 7 Eleven di Jakarta belum ada apa-apanya dibanding di Jepang.

7 eleven bulungan

7 Eleven buka di Jakarta pertama kali pada bulan April 2009, di daerah Bulungan, persisnya di depan Blok M Plaza. Gak pake promosi macem-macem, tiba-tiba 7 Eleven berkembang pesat dan sekarang kayaknya dimana-mana ada 7 Eleven. Ada apa sih sebenernya di sana? 7 Eleven menjual antara lain:

  • Hot Dog yang mereka sebut Big Bite
  • Slurpee, yaitu minuman soda yang dibekuin gitu.
  • Big Gulp, minuman soda biasa, tapi gelasnya gede.
  • Berbagai macam snack.
  • CD musik
  • Voucher game online
  • Pulsa
  • dll.

Mungkin kamu langsung berpikir, "hmm, gak ada yang terlalu spesial ah! Kok gini aja bisa laku banget sih?".

Apa yang Membuat 7 Eleven Laku Banget

MBDC gak akan mencoba menjelaskan masalah ini lewat penjelasan-penjelasan seperti "karena ini franchise baru" atau karena "remaja Jakarta butuh tempat nongkrong". Menurut MBDC, 7 Eleven itu laku banget karena 1 hal, yaitu:

melted cheese

Yup. Gambar di atas adalah gambar keju cair yang bisa kamu dapatkan secara gratis dan sepuasnya di 7 Eleven. Makanan apapun yang kamu beli bisa kamu kasih keju cair ini secara sepuasnya dan tanpa batas.

Kenapa hal semacam ini bisa bikin sebuah tempat jadi laku banget? Karena gak ada tempat lain yang ngasih keju cair gratis dan bisa buat nongkrong plus wi-fian.

Demografi Orang yang Pergi ke 7 Eleven

Demografi 7 eleven

Bagaimana Cara Berkunjung ke 7 Eleven ala ABG

Karena ABG adalah pengunjung terbesar 7 Eleven, maka penting buat kamu untuk belajar bagaimana cara berkunjung ke 7 Eleven ala ABG. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Beli snack-snack seperti Chitato, Cheetos, atau Qtella. Saran MBDC sih kalo lagi ada budget beli Chitato, tapi kalo ngga ya yang lain aja.
  2. Ambil gelas Slurpee medium, isi dengan campuran semua rasa Slurpee yang ada sehingga Slurpee kamu sekarang bentuknya warna-warni menjijikkan.
  3. Bayar di kasir.
  4. Abis bayar di kasir, jangan lupa ambil SUMPIT.
  5. Menuju ke tempat mengambil keju gratis.
  6. Buka snack kamu.
  7. Tuangkan keju cair sebanyak-banyaknya ke snack kamu.
  8. Kocok snack kamu
  9. Tuangkan lagi keju cair sebanyak-banyaknya.
  10. Cari tempat duduk
  11. Makan snack + keju kamu dengan menggunakan sumpit (supaya tangan kamu gak kotor) dan sesekali seruput Slurpee kamu.

Dengan demikian niscaya kamu akan terlihat seperti ABG! Selamat!