Cara Buat Akun Email

MBDC melihat belakangan ini ada fenomena orang-orang yang kesusahan untuk membuat akun email, padahal teknologi email sendiri sudah sangat lama dan merupakan salah satu teknologi internet yang pertama.

Salah satu kasus yang membuat MBDC menuliskan artikel ini adalah kasus Komisi 8 DPR RI yang pada kebingungan ketika ditanya mengenai alamat email resmi mereka dan lain-lainnya. Well, tidak semua orang paham mengenai teknologi, meskipun mereka sudah diberi mandat dan tempat terhormat di tempat kerjanya. Tapi bukan hal itu yang akan kita bahas disini.

Balik lagi mengenai Email. Mempunyai sebuah akun Email sangat berguna untuk komunikasi, karena sifatnya yang mudah dioperasikan dan realtime, jauh lebih praktis dari surat maupun faksimili.

Membuat akun email sendiri sebenarnya tidak susah, yang kamu butuhkan adalah:

  1. Pilih email service yang diinginkan. Ada banyak sekali dan yang besar-besar seperti Gmail dari Google dan Yahoo Mail dari Yahoo!
  2. Username yang diinginkan (ini akan menjadi alamat email kamu, misalnya username kamu mlsbgt, maka alamat email kamu menjadi mlsbgt@yahoo.com).
  3. Pilih password atau kata kunci yang unik dan mudah dihapal. Jangan sebarkan kata kunci ini ke orang lain kalau kamu tidak mau akun email kamu dibuka-buka atau di hack.

Sekedar catatan dari MBDC: Apabila kamu bekerja di sebuah instansi resmi, lebih baik kamu menggunakan email resmi yang bukan gratisan seperti dari Google atau Yahoo! itu. Karena hal ini akan menambah kredibilitas kamu dimata orang lain. Apabila menggunakan email gratisan, rasanya orang akan kurang percaya kamu bekerja di instansi resmi tersebut.

Simple kan? Tidak terlalu banyak tetek bengek yang kamu butuhkan. Silahkan dicoba, sama sekali tidak susah kok, dan kalau bingung jangan sungkan-sungkan untuk tanya MBDC, kami akan dengan senang hati menjawab dan membantu kamu.

Selamat Mencoba!

Other Post