Spesies yang Ada di Twitter - Part 1 : RT Abuser & Seleb Twit

Buat kalian semua yang punya kehidupan maupun tidak punya kehidupan lain selain melototin timeline Twitter doang pastinya sangat mengenal berbagai jenis spesies orang yang ada di Twitter. MBDC ngefollow banyak orang dan dari penelitian ini, akhirnya kami menemukan spesies-spesies yang baru dan langka dari orang-orang yang bermain Twitter.

Semua spesies temuan MBDC ini adalah hasil observasi dan melihat-lihat berbagai jenis timeline yang ada. Kalau kamu adalah salah satunya yang terdapat di list spesies bawah ini, jangan tersinggung ataupun marah, tapi cobalah berkaca dan refleksi diri, apakah Twitter sudah pantas untuk kamu.

ps: Ini adalah bagian pertama dari seri 7 Spesies yang Ada di Twitter.

#1 RT Abuser

RT abuser
Spesies ini adalah yang paling gampang dikenali dan pastinya sangat menonjol. Buat sebagian orang sudah dianggap menggangu seperti parasit dan harus dibasmi dengan segala cara. 

Modus operandinya adalah dengan meretweet setiap percakapan yang terjadi di Twitter supaya semua followersnya tau kalau saat itu dia sedang galau atau kebelet boker. Bisa juga dibilang semacam haus perhatian atau banci tampil versi digital.

RT Abuser ini terbagi lagi menjadi beberapa sub-spesies:

  1. Pujian Retweeter: setiap tweet yang berisi pujian pasti di retweet supaya orang tau imagenya dia dimata orang lain adalah bagus. Biasanya banyak artis yang termasuk golongan sub-spesies ini.
  2. Selebtwit Mention Retweeter: spesies ini biasanya paling anti dengan percakapan gak relevan yang diretweet ke semua orang. Tapi sekalinya dapet mention atau balasan dari selebtwit (bisa termasuk artis ataupun jagoan Twitter lainnya).
  3. Hoax Retweeter: spesies ini biasanya paling kenceng dan nomor satu kalo urusan retweet berita-berita heboh yang belum tentu bener. Sumber beritanya biasanya adalah dari BBM broadcast message ataupun tweet orang lain. Tanpa mikir panjang langsung aja di retweet sehingga membuat heboh. Saran MBDC untuk Hoax Retweeter: Google before Tweet.
#2 Seleb Twitter 

seleb twitter
Seleb Twitter ini adalah spesies manusia Twitter yang lumayan dikenal oleh banyak orang lainnya, dan pastinya jumlah followersnya harus banyak. 

Spesies ini terbagi lagi jadi 2 jenis yaitu orang yang emang di kehidupan aslinya sudah terkenal seperti pejabat, tokoh-tokoh maupun selebriti maupun orang yang awalnya tidak ada yang kenal sebelum dia main Twitter.

Untuk yang tipe pertama (selebriti cs) itu sudah tidak usah ditanya lagi kenapa bisa menjadi seleb twitter. Tapi yang menarik untuk dilihat adalah bagaimana seseorang bisa menjadi seleb twitter, padahal di kehidupan aslinya mungkin biasa-biasa saja?

Apabila kamu terobsesi untuk menjadi seorang seleb Twitter, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Jangan punya kehidupan. Kamu harus mendedikasikan hidup kamu sebagian besar di Twitter supaya bisa tahu apa yang sedang in atau out di Twitter.
  2. Lontarkan tweet-tweet yang mengandung point khusus seperti sarkasme, anti mainstream, anti-Tif tweet, tweet bahasa Inggris campur Indonesia, dll.
  3. Rajin-rajinlah mention ataupun retweet seleb Twitter yang sudah terkenal, siapa tau suatu saat kamu ketiban durian runtuh: di mention balik oleh Seleb Twitter. Apabila hal ini kejadian, lihat point #1 tulisan ini.
  4. Inget pepatah: Bermention-mention dahulu, diretweet kemudian! Apabila ada orang biasa yang mulai menjadi fans kamu, jangan langsung selalu retweet tweet dia yang bersifat pujian ke kamu. Masalah RT ini harus sedikit jual mahal, sehingga orang akan merasa spesial kalau sekalinya di RT ama kamu.
  5. Ikutlah berpartisipasi dalam # (hashtag) yang penting-penting supaya followers kamu juga tau kalau kamu emang eksis alias gaul di Twitter.
  6. Usahakan jumlah following kamu tidak melebihi jumlah followers kamu. Ini supaya menimbulkan ilusi angka followers lebih besar apabila orang melihat bio kamu.
  7. Setiap hari Jumat jangan lupa untuk minta #FF (follow Friday) sama temen kamu yang followersnya lebih banyak. Jangan minta ama yang lebih dikit, karena percuma saja.

Masih penasaran dengan 5 spesies lainnya? Liat part 2 dan part 3-nya dong!