Pencitraan

Pastinya kamu sering mendengar istilah pencitraan belakangan ini. Mungkin kamu sendiri sering melakukannya. Tapi apa sih sebenernya pencitraan itu? Apakah kamu sudah melakukan pencitraan dengan benar?

Definisi

Citra
cit.ra
[kl n] (1) rupa; gambar; gambaran; (2) Man gambaran yg dimiliki orang banyak mengenai pribadi, perusahaan, organisasi, atau produk; (3) Sas kesan mental atau bayangan visual yg ditimbulkan oleh sebuah kata, frasa, atau kalimat, dan merupakan unsur dasar yg khas dl karya prosa dan puisi; (4) Hut data atau informasi dr potret udara untuk bahan evaluasi; -- perbankan gambaran mengenai dunia perbankan: kejadian spt itu jelas tidak menguntungkan dl upaya meningkatkan -- perbankan kita di mata internasional

Pencitraan
pen.cit.ra.an
(1) Sebuah usaha untuk menonjolkan citra terbaik di mata publik; (2) Usaha pembuktian keeksisan; (3) Menunjukkan apa yang dirasakan secara sangat berlebihan hingga tidak sesuai lagi.

Fakta

  1. Pencitraan awalnya adalah istilah yang digunakan bagi para politisi yang tiba-tiba jadi banyak berbuat amal menjelang pemilu. Hal ini digunakan untuk memperbaiki citra mereka di mata publik.
  2. Pencitraan mulai bergeser makna ketika social media seperti Facebook, Twitter, dan Foursquare mulai merajalela di Indonesia. Untuk pertama kalinya, user bisa memamerkan apa yang mereka rasakan/sedang makan/sedang lihat/sedang dipikirkan kepada banyak orang sekaligus.
  3. Pencitraan model baru ini semakin merajalela dengan semakin merajalelanya ponsel-ponsel yang bisa internetan di Indonesia. Ponsel-ponsel ini memungkinkan semua orang untuk update status dimanapun kapanpun tanpa perlu menunggu pulang ke rumah atau pergi ke warnet.
  4. Hal-hal yang paling banyak digunakan untuk pencitraan: Makanan, event, konser band, tempat, dan kegalauan.

Contoh Kasus Pencitraan

Pencitraan 01
pencitraan 03
Pencitraan 02
Pencitraan 04

Pencitraan 05

Tips Melakukan Pencitraan

Tidak ada yang salah dengan pencitraan, asal dilakukan dengan benar. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan kalau hendak melakukan pencitraan:

  1. Lakukan pencitraan hanya jika kamu benar-benar mengalami kejadian yang kamu citrakan. Jangan pernah berbohong demi nama pencitraan, karena nantinya kalo ketahuan, kamu malah bakal dibilang pembohong.
  2. Kalo mau pencitraan jangan panjang-panjang. Cukup satu update status yang singkat, padat, jelas, dan menuai comment. Ingat anda mau melakukan pencitraan, bukan kultwit.
  3. Jangan membuat pencitraan yang orang-orang tidak peduli atau tidak mau tahu, seperti misalnya kayak gimana bentuk pup kamu hari ini. Ingat, tujuan dari pencitraan adalah membuat orang lain iri hati dan menyesal bahwa mereka bukanlah kamu.

Demikianlah tips dari malesbanget.com. Semoga berguna bagi kehidupan kamu dan selamat melakukan pencitraan yang sehat.

Other Post