Apa yang Harus Kamu Lakukan Kalau Gajian Telat

Telat gajian adalah hal yang paling menyebalkan setelah telat datang bulan. Eh, telat datang bulan? Mending cek kehamilan tuh. Kali-kali hamil. Anyway, hari ini kita gak mau ngomongin soal hamil, melainkan soal telat gajian! Yap, ini adalah hal yang sangat menyebalkan. Apakah yang harus kita lakukan?

Sebelum kita mulai, hal yang perlu diperhatikan adalah kenapa gajian bisa sampai telat? Sepengamatan MBDC, ada beberapa hal yang memungkinkan gaji telat:

  1. Bos yang seenaknya.
  2. Bos gak seenaknya tapi kelupaan karena sibuk abis
  3. Aturan perusahaan yang gak mendeskripsikan kapan gajian
  4. Duit perusahaan seret.

Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana kamu harus bersikap kalo sampe gajian telat, berdasarkan kasus kenapa gaji kamu bisa sampe telat.

Bos yang Seenaknya

Ini adalah kasus yang paling menyebalkan, tapi justru paling mudah untuk diatasi. Kalo bos kamu memang terkenal sebagai seseorang yang seenaknya dan gak peduli kesejahteraan kalian, maka sudah sewajarnya dia diperlakukan seperti itu juga. Biasanya kalo kamu punya bos kayak gini, mending langsung dikonfrontasi blak-blakan aja, karena kalo ngga, biasanya dia bakal seenaknya terus.

Bos Gak Seenaknya Tapi Kelupaan Karena Sibuk Abis

Nah, kalo kayak gini agak susah nih. Apalagi kalo bos kamu orangnya baik abis, tapi emang sibuk banget. Kalo udah kayak gini, biasanya hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyindir halus, seperti misalnya lewat twitter (semoga dia follow twitter kamu). Kamu bisa bilang hal-hal seperti "aduh udah tanggal segini saldo masih sepi aja nich". Atau kamu bisa buat drama kecil sama temen kamu di depan si bos seperti:

Temen: "Men, makan siang yuk."

Kamu: "Aduh, gue lagi gak ada duit sama sekali nih."

Temen: "Sama sekali gak ada? Lah terus ntar lo pulang gimana?"

Kamu: "Gak tau nih...jalan kaki paling."

Kayak gitu deh kira-kira. Kalo bos kamu emang baik sih biasanya dia langsung sadar.

Aturan Perusahaan yang Gak Mendeskripsikan Kapan Gajian

Nah, kayak gini juga ribet nih. Kalo perusahaan gak pernah mendeskripsikan kapan tanggal gajian, maka perusahaan juga bisa seenak-enaknya aja ngegaji kamu. Gak ada kata telat buat mereka. Nah, harus gimana kalo kayak gini? Aduh gimana ya? Kita juga bingung sih. Demoin aja kali ya? Biasanya ntar jadi lebih jelas tuh kalo udah demo.

Duit Perusahaan Seret

Nah, kalo udah kayak gini mampus banget nih. Apapun yang kamu lakukan, mau marah-marah, nyindir, nanya langsung, atau apapun gak bakal ada hasilnya. Orang duitnya aja gak ada. Trus harus gimana? Ya kalo kejadiannya cuma sekali sih gak papa ya. Tapi kalo sering banget kayak gini...Ya terserah kamu, tapi mendingan sih kamu mulai cari-cari lowongan kerja di tempat lain aja.

Nah, apakah kamu juga telat gajian? Kalo iya, telat gajian yang macem apakah kantor kamu? Share pendapat kamu di comment ya!