Coca Cola VS Mentos

Apabila mentos dicemplungkan ke dalam coca cola akan menimbulkan reaksi yang menakjubkan. Mungkin ini bukan merupakan hal yang baru. Banyak sudah berita mengenai hal ini tersebar di internet, milis, dan situs download video. Tapi kami tidak gampang percaya begitu saja dengan apa yang ditulis oleh orang lain sebelum kami membuktikannya sendiri.

Yang dibutuhkan :

  • Mentos
  • Coca cola
  • Tusuk gigi
  • Obeng

Sate mentos

Kenapa kita perlu membuat ste mentos ? Ya, karena apabila kita memasukkan satu per satu, sebelum mentos kedua masuk ke botol, reaksi sudah akan terjadi dan mentos yang lainnya tidak akan membuat reaksi menjadi lebih besar, jadi sayang dan percuma saja.

Oke, cara membuat sate mentos adalah sebagai berikut :

  • Siapkan obeng untuk menusuk yang tidak terlalu besar.
  • Tusukan ke mentos, tapi jangan sampai tembus, hanya pecahkan saja lapisan luarnya yang agak keras.
  • Setelah itu tusuk dengan menggunakan tusuk gigi.
  • Lakukan ini berulang-ulang hingga menjadi sate mentos.

Eksperimen

Kalau kita sudah mempunyai peluru mentos, kita akan memulainya. Kita menggunakan botol coca cola 2 liter karena lubang mulut botol yang besar gampang untuk dimasukkan peluru mentosnya dan juga isi yang banyak membuat reaksi menjadi lebih lama.

Buka botol coca cola, kalau bisa jangan terlalu lama dibiarkan terbuka, karena gasnya akan hilang. Jadi begitu dibuka langsung kamu cemplungkan peluru mentos yang sudah kamu buat, lalu lihat hasilnya apa yang terjadi…..

Ternyata reaksi cola dengan mentos membuat seluruh soda dalam coca cola tersebut muncrat keluar hampir setinggi plafon rumah, dan yang tersisa dalam botol hanya 1/3 dari isi utuhnya. Kenapa bisa seperti itu ? Kita juga ingin tahu sebenarnya, jadi karena space rubrik ini gak cukup untuk menjelaskan semuanya, kamu bisa cari sendiri di Wikipedia dengan keyword : Mentos Coke.

Yang tersisa hanya 1/3nya dan sudah tidak ada gasnya lagi.

Nah, bayangkan apa yang terjadi apabila kamu minum coca cola, lalu masukkan mentos kedalam mulut kamu…apakah akan berbahaya ? Kita juga telah mencobanya…

Ternyata tidak berbahaya, hanya terasa kaya coca colanya mengembang dan keluar berbentuk busa dari mulut kita.

Hebat ya…Huehuehue..nah, dengan reaksi ini, sebenarnya kita bisa membuat banyak hal, seperti bom coca cola dan roket coca cola yang akan kita coba juga!

Facts behind the experiment

  • Sisa dari reaksi cola vs mentos yang tertinggal di dalam botol, apabila diminum rasanya manis doang, rasa sodanya udah gak ada lagi.
  • Selain coca cola, reaksi yang sama juga terjadi dengan sprite dan pepsi, tapi ketika kita mencoba dengan fanta merah, reaksinya hanya kecil sekali, tidak seperti yang lainnya itu. Kita tidak tahu mengapa seperti itu.
  • Menggunakan diet coke lebih bagus lagi, karena kadar gulanya yang rendah, membuat tangan kita tidak lengket-lengket ketika terciprat semburan cola dalam melakukan eksperimen ini.

Saking cepat reaksinya, kami tidak sempat menutup tutup coca colanya dengan benar hingga isinya menyembur.

Sisa mentos yang sudah bereaksi masih meninggalkan buih buih gas didalam sprite.

Bisa untuk dijadikan objek untuk membuat foto yang menarik untuk dipamerkan ke teman-teman kamu.