Cara Menjadi Gaban

Kalian pasti sering denger dong orang ngomong “Anjir…anunya segede Gaban tuh!”. Sebenarnya apa sih itu Gaban ? Siapa sih dia? Dan emang Gaban itu gede ya?

Bagi kalian yang pernah hidup di jaman 80an, sekitar tahun 1985an keatas, punya video betamax, kalian pasti familiar dengan yang namanya Gaban, alias Space Sheriff Gavan.

Pahlawan masa kecil, yang kalo lagi jadi orang biasa selalu memakai celana putih, jaket kulit warna coklat muda dan mengendarai mobil Suzuki Jimny merah convertible. Lalu ketika dia sudah menjadi Gaban, dia memakai pedang lampu neon nyala warna biru dan punya kendaraan kayak motor tanpa kendali warna merah serta pesawat naga yang gede banget. Inget kan ?

Dulu kita pasti nunggu banget serial Gaban keluar yang baru di betamax. Entah dateng ke tempat rental video ato nunggu tukang rentalnya datang ke rumah pake tas gede banget isinya video betamax semua ada yang warna ijo, merah, biru dsbnya.  Dan kami sungguh yakin bahwa tidak sedikit dari kamu yang sempet mati-matian ngafalin gerakan-gerakan Gaban. Mulai dari ketika berubah, ketika ngeluarin pedang sampai seterusnya.
Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Gaban dan segala hal yang berhubungan dengannya.

1. Berubah

Berubah dari orang biasa menjadi Gaban biasanya terjadi ketika jumlah musuh sudah agak banyak dan waktunya sudah mepet. Lalu dia berdiri diatas tebing atau gedung, teriak “Jouchaku” lalu melakukan gerakan dengan koreografi tertentu, tangan keatas seperti minta bantuan dari langit. Ketika sudah berubah menjadi Gaban, dia langsung pose dengan berbagai angle kamera, dari kiri, kanan dan depan. Pada saat ini kamera langsung zoom in dengan cepat sampai beberapa kali (gaya sinetron gitu deh kalo misalnya si anu ternyata anak tirinya ibunya blablabla, langsung *jeng jeng…zoom in - zoom out berkali-kali ke bagian wajah dengan ekspresi kaget, dahi berkerut, mata melotot dan mulut mencibir).

Ternyata perubahan Gaban ini cuma 0.05 detik saja! Saking cepetnya sampai ada adegan slow motion dengan menggunakan tailshadow segala agar lebih dramatis. Lalu langit gelap penuh dengan awan petir terbuka, keluar pesawat Gaban yang namanya Dolgiran, mengirim sejenis butiran-butiran Granium dari langit kebawah, sehingga orang itu berubah menjadi Gaban dengan baju besinya yang kinclong mengkilap dan penuh dengan lampu kelap-kelip siap bertempur melawan musuh. Nah, keseluruhan ini disebut Jouchaku Process.

2. Kendaraan Gaban

Gaban pastinya mempunyai kendaraan. Wong nama dia aja Space Sheriff, alias polisi angkasa, minimal pasti punya motor lah yang bisa bolak balik bumi-luar angkasa. Beberapa kendaraan yang Gaban punya antara lain :

1.    Suzuki Jimny Convertibel warna merah : mobil yang dipake buat pacaran ama Mimi dan jalan-jalan ketika jadi orang biasa.

2.    Dolgiran : kapal ruang angkasa Gaban yang bawahnya bisa berubah jadi Naga (Dol). Ketika berubah, si Dolgiran ini juga yang keluar dari awan.

Terus Dolgiran juga tempat base campnya Mimi dkk yang bisa ngebantu Gaban untuk memerangi kejahatan di bumi. Intinya ini adalah milik Gaban yang paling canggih lah.

3.    Cyberian : sejenis motor pipih warna merah, dimana kalo mau jalan, Gaban gak perlu nyetir, dia cuma berdiri pose kayak model kapal terbang aja, terus motor ini jalan otomatis. Mantap!!

4.    Gyabion : tank privat Gaban yang ada 2 mata bornya gede banget bisa buat ngebor nembus gunung.

5.    Dol : ini yang lebih pol, kalau udah kepepet, Gaban tinggal teriak, maka bagian bawah Dolgiran ngebentuk sebuah robot naga yang siap ngebantu Gaban bagaimanapun.

Jurusnya antara lain Dol Kick, Dol Laser dan Tail Attack yang digunakan untuk ngancurin kapal-kapal musuh. Sekali nyepak pake ekornya beberapa kapal Makuu pasti hancur.

3. Senjata Gaban

Gaban punya berbagai jenis macam senjata:

1.    Pedang besi yang biasa dipake untuk melawan musuh.

2.    Laser Blade : ini tadinya pedang besi yang biasa itu, tapi kalau berantemnya sudah hampir selesai, pedang besi ini bisa dirubah jadi laser blade.

Biasanya, ketika episode sudah mau berakhir, Gaban akan mengeluarkan jurus Gyaban Dynamic, yaitu jurus membelah musuh dengan menggunakan Laser Blade.

3.    Laser Z Beam : laser-laser kecil bentuk segitiga yang bisa ditembakkan oleh Gaban untuk ngelawan musuh-musuhnya.

4. Musuh Gaban

Musuh Gaban adalah sindikat kejahatan Makuu yang ingin menguasai dunia dengan jahat. Yaa standar motivasi musuh dalam cerita anak-anak lah. Biasanya musuh-musuh Gaban berwujud monster dari berbagai macam jenis, bentuk dan keanehan. Campuran binatang dengan apalah gak jelas.

5. Plot / Jalan cerita

Hampir setiap episode Gaban plotnya pasti sama, yaitu :

- Pertama adalah perkanalan musuhnya yang berupa monster apa gitu

- Gaban orang mulai melawan, lalu orangnya berubah menjadi Gaban ketika musuhnya sudah semakin banyak.

- Kemudian jika musuhnya masih gak mati-mati juga, arena pertarungan pindah ke luar angkasa yang dipenuhi oleh asap-asap yang keluar dari smoke gun effect, lalu Gaban pada akhirnya keluarin Laser Blade lalu ngebelah musuhnya sampe mati.

Selalu jalan ceritanya model seperti ini terus, cuma yang ngebedain bentuk monsternya atau kadang-kadang Gabannya ada kalah-kalahnya sedikit, ya muter-muterin cerita ala sinetron lah supaya rating tetep tinggi.

Extras

Gaban Opening

Dono jadi Gaban

Jaman dulu Gaban digemari banget, sampe Warkop DKI pun bikin filmnya dimana Dono berubah jadi Gaban…”Goban gabin…goban gabin…goban gabin…”